Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 10 Maret 2011

EKONOMI PASAR


Sebuah ekonomi pasar adalah ekonomi di mana harga barang dan jasa yang ditetapkan dalam sistem harga bebas . Hal ini seringkali dibandingkan dengan sistem harga tetap . Ekonomi pasar dapat berkisar dari hipotetis murni laissez-faire varian untuk berbagai macam dunia nyata ekonomi campuransistem harga berada di bawah kendali pemerintah atau sangat diatur. , dimana Negara yang dipimpin perencanaan ekonomi tidak cukup luas untuk dicap sebagai ekonomi terencana.

Dalam dunia nyata, ekonomi pasar tidak ada dalam bentuk murni, sebagai masyarakat dan pemerintah mengatur mereka untuk berbagai gelar daripada membiarkan diri-regulasi oleh kekuatan pasar. Istilah pasar bebas ekonomi kadang-kadang digunakan sinonim dengan ekonomi pasar, tetapi, seperti Ludwig Erhard sekali menunjukkan, ini tidak menghalangi ekonomi dari memiliki atribut sosialis lawan laissez-faire sistem.

Sebagai contoh, Amerika Serikat merupakan ekonomi campuran (pasar besar regulasi , subsidi pertanian , Medicare / Medicaid ), namun pada saat yang sama itu adalah foundationally berakar dalam ekonomi pasar. Perspektif yang berbeda-beda ada yang kuat tentang bagaimana peran pemerintah seharusnya baik membimbing ekonomi pasar dan mengatasi ketidaksetaraan pasar menghasilkan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya konsensus mengenai isu-isu seperti bank sentral , dan kesejahteraan .

Hal ini juga memungkinkan untuk membayangkan sebuah sistem ekonomi berdasarkan produsen independen, koperasi , kepemilikan pekerja demokratis dan alokasi pasar barang dan jasa; berhasil ekonomi pasar tenaga kerja merupakan salah satu bentuk yang diusulkan beberapa sosialisme pasar .

Seperti banyak ekonomi, ekonomi pasar tergantung pada pembagian kerja . Beberapa orang berpikir harga dalam ekonomi pasar diatur oleh permintaan dan penawaran.

Sistem Ekonomi Pasar

Meskipun tidak ada negara yang pernah dimiliki di dalam perbatasan ekonomi di mana semua pasar yang benar-benar bebas, istilah ini biasanya tidak digunakan dalam pengertian mutlak. Banyak negara yang dikatakan memiliki ekonomi pasar memiliki tingkat tinggi kebebasan pasar, bahkan jika kurang dari beberapa bagian dari populasi lebih suka. Jadi, hampir semua perekonomian di dunia saat ini ekonomi dicampur dengan berbagai tingkat pasar bebas dan sifat-sifat ekonomi terencana. Sebagai contoh, di Amerika Serikat ada ciri-ciri ekonomi pasar lebih banyak daripada di Eropa Barat negara (pengecualian menjadi Inggris, yang dianggap, bahkan oleh Greenspan, untuk menjadi pasar yang lebih bebas daripada AS).

System ekonomi pasar dikemukakan oleh Adam Smith yang dimuat dalam bukunya yang berjudul An Inquiry Into the Nature and Causes of the wealth of Nation.
Cirri system ekonomi pasar adalah sebagai berikut :
a. Setiap individu bebas memiliki barang dan alat-alat produksi.
b. Kegiatan ekonomi di semua sector dilakukan oleh pihak swasta
c. Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi.
d. Modal memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi.
e. Setiap orang diberi kebebasan dalam memakai barang dan jasa
f. Semua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba.
g. Berlakunya persaingan secara bebas.
Kebaikan system ekonomi pasar adalah :
a. Adanya persaingan mendorong manusia atau individu untuk terus maju dan bertindak secara efektid dan efisiien.
b. Tiap-tiap individu bebas memilih pekerjaan yang disukai sesuai dengan minat dan bakatnya.
c. Produksi didasarkan atas kebutuhan masyarakat.
d. Kebebasan memilih alat-alat produksi dan modal.
Keburukan system ekonomi pasar adalah :
a. Persaingan dapat menyebabkan terjadinya penindasan dan monopoli.
b. Karena motif memperoleh laba, tiap-tiap individu hanya mementingkan diri sendiri sehingga pemerataan pendapatan sulit dicapai atau tidak merata.
c. Sulit menghindarkan naik turunnya kehidupan ekonomi sehingga krisis ekonomi lebih mungkin sering terjadi.
d. Timbulnya dampak imbasan.

Kapitalisme

Kapitalisme umumnya mengacu pada sistem ekonomi di mana alat-alat produksi adalah semua atau sebagian besar milik swasta dan dioperasikan untuk keuntungan, dan di mana investasi, distribusi, pendapatan, dan harga barang dan jasa ditentukan melalui operasi ekonomi pasar. Hal ini biasanya dianggap melibatkan hak individu dan kelompok individu yang bertindak sebagai "badan hukum" atau perusahaan untuk perdagangan barang modal, tenaga kerja, tanah dan uang

Kapitalisme telah dominan di dunia Barat sejak akhir feodalisme , tetapi sebagian besar merasa bahwa istilah "perekonomian campuran" lebih tepat menggambarkan kebanyakan ekonomi kontemporer, karena mengandung mereka baik milik dan milik negara perusahaan swasta, menggabungkan elemen dari kapitalisme dan sosialisme , atau mencampur karakteristik ekonomi pasar dan ekonomi yang direncanakan.Dalam kapitalisme, tidak ada otoritas perencanaan pusat tetapi harga yang ditentukan oleh skala permintaan-penawaran.

Laissez-faire

Laissez-faire adalah identik dengan apa yang disebut sebagai ekonomi pasar bebas kapitalis yang ketat selama awal dan pertengahan abad ke-19 sebagai yang ideal untuk mencapai. Hal ini umumnya dipahami bahwa komponen yang diperlukan untuk berfungsinya pasar bebas ideal termasuk tidak adanya lengkap peraturan pemerintah, subsidi, tekanan harga buatan dan monopoli pemerintah diberikan (biasanya digolongkan sebagai monopoli koersif oleh para pendukung pasar bebas) dan tidak ada pajak atau tarif selain dari apa yang diperlukan bagi pemerintah untuk memberikan perlindungan dari paksaan dan pencurian dan menjaga perdamaian,dan hak milik. Misalnya, permintaan tinggi untuk barang dan jasa tertentu mengakibatkan harga yang lebih tinggi dan permintaan lebih rendah untuk barang-barang tertentu mengakibatkan harga yang lebih rendah.

Milton Friedman dan Friedrich Hayek menyatakan bahwa kebebasan ekonomi adalah syarat perlu untuk penciptaan dan keberlanjutan sipil dan kebebasan politik . Mereka percaya bahwa kebebasan ekonomi hanya bisa dicapai dalam ekonomi berorientasi pasar, khususnya ekonomi pasar bebas. Mereka percaya, bagaimanapun, bahwa kebebasan ekonomi yang cukup dapat dicapai dalam perekonomian dengan fungsi pasar melalui mekanisme harga dan hak milik pribadi . Mereka percaya bahwa kebebasan lebih ekonomis yang tersedia lebih banyak kebebasan sipil dan politik masyarakat akan menikmati.

Friedman states: Friedman menyatakan:

  • "Kebebasan ekonomi hanyalah sebuah syarat untuk kebebasan politik yang dieksekusi. Dengan memungkinkan orang untuk bekerjasama dengan satu sama lain pemaksaan atau pusat tanpa arah itu mengurangi daerah atas politik yang kekuasaan" Friedman, Milton dan Rose Friedman, Free untuk Pilih : Sebuah Pernyataan Pribadi, Ihwal Menerjemahkan, 1980, hal 2-3 2-3
  • "Kapitalisme adalah kondisi yang diperlukan untuk politik kebebasan" Kapitalisme dan kebebasan

Studi oleh Canadian libertarian think tank Fraser Institute , Amerika konservatif think tank Heritage Foundation , dan Wall Street Journal menyatakan bahwa ada hubungan antara kebebasan ekonomi dan kebebasan politik dan sipil apabila diklaim oleh Friedrich von Hayek. Mereka setuju dengan Hayek bahwa negara-negara yang membatasi kebebasan ekonomi dan politik pada akhirnya membatasi kebebasan sipil.

Umumnya ekonomi pasar adalah bottom-up dalam pengambilan keputusan sebagai konsumen menyampaikan informasi kepada produsen dengan harga yang dibayar dalam transaksi pasar. Semua negara saat ini memiliki beberapa bentuk kontrol atas pasar yang menghilangkan arah bebas dan tidak terbatas sumber daya dari konsumen dan harga seperti tarif dan korporasi subsidi . Milton Friedman dan microeconomists lainnya banyak yang percaya bahwa bentuk-bentuk intervensi memberikan insentif bagi sumber daya untuk disalahgunakan dan terbuang, menghasilkan produk-produk masyarakat tidak mungkin nilai sebanyak produk yang dinilai sebagai akibat dari pembatasan ini.

Sosialisme Pasar



Pasar sosialisme mengacu pada berbagai sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki lembaga ekonomi atau industri utama tetapi beroperasi mereka sesuai dengan aturan penawaran dan permintaan. Dalam ekonomi sosialis pasar tradisional, harga akan ditentukan oleh departemen perencanaan pemerintah, dan perusahaan baik akan menjadi milik negara atau kooperatif-dimiliki dan dikelola oleh karyawan mereka. Libertarian sosialis dan kiri-anarkis sering mempromosikan suatu bentuk sosialisme pasar di mana perusahaan yang dimiliki dan dikelola secara kolektif oleh para pekerja, tetapi saling bersaing dengan cara yang sama perusahaan swasta bersaing dalam pasar kapitalis.

Republik Rakyat Cina saat ini memiliki bentuk sosialisme pasar disebut sebagai ekonomi pasar sosialis , di mana sebagian besar industri ini adalah milik negara, namun harga tidak ditetapkan oleh pemerintah. Dalam model ini, milik perusahaan negara bebas dari peraturan yang berlebihan dan fungsi yang lebih mandiri secara lebih terdesentralisasi fashion daripada di lain sistem ekonomi sosialis.

Pasar Sosial

Ekonomi pasar adalah model sosial berdasarkan ekonomi pasar bebas, dikombinasikan dengan regulatif ukuran dari negara untuk mencegah kegagalan pasar . Landasan teoritis adalah membangun neoliberalisme (di Jerman juga disebut ordoliberalism ). Model ini dilaksanakan oleh Ludwig Erhard setelah Perang Dunia II di Jerman Barat . Karakteristik ekonomi pasar sosial yang kuat kebijakan persaingan dan kebijakan moneter kontraktif .

Kritik

Robin Hahnel dan Michael Albert mengklaim bahwa pasar inheren menghasilkan pembagian kelas ; antara konseptual manual buruh, dan dan akhirnya manajer divisi dan pekerja, dan de facto pasar tenaga kerja untuk pekerja konseptual. Albert mengatakan bahwa dalam ekonomi pasar, bahkan jika semua orang mulai keluar dengan pekerjaan yang kompleks seimbang (melakukan campuran dari berbagai peran kreativitas, tanggung jawab dan pemberdayaan), pembagian kelas akan timbul, karena beberapa akan lebih mampu dari orang lain untuk menangkap manfaat keuntungan ekonomi: jika satu mobil desain pekerja dan yang lain membangun mereka, desainer akan menggunakan keterampilan kognitif yang lebih sering daripada builder. Dalam jangka panjang, desainer akan menjadi lebih mahir di tempat kerja konseptual dari pembangun, memberikan daya tawar desainer yang lebih besar dalam perusahaan atas distribusi pendapatan. Seorang pekerja konseptual yang tidak puas dengan penghasilannya dapat mengancam untuk bekerja untuk sebuah perusahaan yang akan membayar lebih banyak, sehingga pembagian kelas muncul.

Sementara sebagian besar negara-negara maju saat ini dapat diklasifikasikan sebagai memiliki ekonomi campuran, mereka sering dikatakan memiliki ekonomi pasar karena mereka membiarkan kekuatan pasar untuk mendorong sebagian besar kegiatan mereka, biasanya terlibat dalam intervensi pemerintah hanya sejauh itu perlu untuk memberikan stabilitas. Meskipun ekonomi pasar jelas merupakan sistem pilihan di pasar global saat ini, ada perdebatan signifikan mengenai jumlah intervensi pemerintah dianggap optimal untuk operasi ekonomi yang efisien.

Ekonomi Pasar AS

Ekonomi Pasar AS pada dasarnya terstruktur dengan prinsip-prinsip kebebasan individu. Ekonomi AS adalah dunia ekonomi terbesar dunia. Ketahui lebih lanjut mengenai Amerika Serikat Ekonomi Pasar.

Market Oriented Economy Berorientasi Pasar Ekonomi

Sebagian besar ekonomi dunia telah mengikuti prinsip-prinsip sistem ekonomi yang berorientasi pasar.Ekonomi seperti India dan Cina telah mencapai keberhasilan ekonomi tertinggi melalui penggunaan prinsip-prinsip yang berorientasi pasar.

Sumber:

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.investorwords.com/2971/market_economy.html&rurl=translate.google.com&usg=ALkJrhgZ43ff8_VH97W7A3qeaUvAlVtuow#ixzz1FtAMkSlG

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.investopedia.com/terms/m/marketeconomy.asp

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Market_economy

http://id.shvoong.com/business-management/2003961-sistem-ekonomi-pasar-liberal/

Gambar : http://www.kedai-kebebasan.org/i/1224236078_Photo_erhard.JPG




8 komentar:

jendela on 22 Februari 2018 pukul 00.17 mengatakan...

sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

scr888 malaysia apk on 4 Juli 2019 pukul 00.51 mengatakan...

I was searching for that post quick a long time... scr888 apk download ios fortunately I found it on right time...Thanks again for sharing

Scr888 Malaysia on 4 Juli 2019 pukul 01.51 mengatakan...

Its wonderful, looking at the time and effort you put into your weblog and detailed information you provide. I'll bookmark tm.scr888 login your weblog and visit it weekly for your new posts.

flag on 4 Juli 2019 pukul 01.52 mengatakan...


thanks… I’ve been bookmarking tm.918kiss download link them for a while now and just decided to create a post to provide them to others…

Slim Supplement on 4 Juli 2019 pukul 08.44 mengatakan...

I wanted to thank you for this Ultra Test XR great read. Your blog is one of the finest blog . Thanks for posting this informative article.

Scr888 Malaysia on 8 Agustus 2019 pukul 06.49 mengatakan...

Dude.. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. Its amazing how interesting it is for me to visit you very often.

Joker123

scr 888

scr888 malaysia

scr888 apk

scr888 casino

Joker123 Malaysia

scr888 android and ios download

joker123 apk new version

download joker123 iphone

joker123 test id

Scr888 Malaysia on 10 Agustus 2019 pukul 05.22 mengatakan...

The scr888 download android blog scr888 download ios article download scr888 apk very m.scr888 login surprised scr888 download for android to scr888 ios download me live22! Your 918 kiss apk writing
scr888 slot game download is good. In this I learned 918kiss apk download a lot! Thank you!

Scr888 Malaysia on 18 Agustus 2019 pukul 01.00 mengatakan...

I am undeniably 918kiss app thankful to you for providing 918kiss ios us with this invaluable 918kiss apk related information. My spouse 918kiss apk download and I are easily grateful, quite frankly the documents 918kiss download 2019 we needed.

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009