Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Selasa, 11 Januari 2011

Laporan Keuangan yang Sudah Distandarisasi


Laporan keuangan

Sebuah pernyataan keuangan (atau laporan keuangan) adalah catatan formal dari kegiatan keuangan dari seseorang, bisnis, atau badan lain. Dalam termasuk perusahaan Britania Raya hukum sebuah laporan keuangan-sering disebut sebagai account, meskipun laporan keuangan istilah juga digunakan, terutama oleh akuntan .

Mereka biasanya meliputi empat laporan keuangan dasar, disertai dengan diskusi dan analisa manajemen : [1]

  1. Neraca : juga disebut sebagai laporan posisi keuangan atau kondisi, laporan pada perusahaan aset , kewajiban , dan ekuitas Kepemilikan pada suatu titik waktu tertentu.
  2. Laporan laba rugi : juga disebut sebagai laporan Rugi Laba (atau "P & L"), laporan pendapatan perusahaan yang, biaya, dan laba selama periode waktu. Profit & Loss account provide information on the operation of the enterprise. Laba & Rugi akun memberikan informasi mengenai operasi perusahaan. These include sale and the various expenses incurred during the processing state. Ini termasuk penjualan dan berbagai biaya yang timbul selama proses negara.
  3. Pernyataan laba ditahan : menjelaskan perubahan saldo laba perusahaan yang selama periode pelaporan.
  4. Laporan arus kas : laporan arus kas kegiatan perusahaan, terutama operasi, investasi dan pendanaan.

Untuk perusahaan besar, laporan seringkali kompleks dan mungkin mencakup serangkaian luas catatan atas laporan keuangan dan diskusi manajemen dan analisis.. Catatan biasanya menjelaskan setiap item pada neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas secara rinci lebih lanjut. Catatan atas laporan keuangan dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan.

Tujuan laporan keuangan oleh badan usaha

"Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang berguna untuk berbagai pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi." [2] Laporan keuangan harus dimengerti, relevan, handal dan dapat diperbandingkan. Dilaporkan aset, kewajiban, ekuitas, penghasilan dan beban yang berkaitan langsung dengan posisi keuangan organisasi dan yang bersedia untuk mempelajari informasi yang rajin. "Keuangan adalah dimaksudkan harus dipahami oleh pembaca yang memiliki" akal pengetahuan tentang bisnis dan kegiatan ekonomi dan laporan akuntansi [2] Laporan keuangan dapat digunakan oleh pengguna untuk tujuan yang berbeda:

  • Pemilik dan manajer membutuhkan laporan keuangan untuk membuat keputusan bisnis penting yang mempengaruhi operasional yang terus menerus. Analisis keuangan ini kemudian dilakukan pada laporan untuk memberikan manajemen dengan pemahaman yang lebih rinci dari angka-angka.. Pernyataan ini juga digunakan sebagai bagian dari laporan tahunan manajemen kepada pemegang saham.
  • Karyawan juga perlu laporan-laporan ini dalam membuat perjanjian kerja bersama perjanjian (CBA) dengan manajemen, dalam hal serikat buruh atau untuk individu dalam membahas kompensasi mereka, promosi dan peringkat.
  • Analisis keuangan sering digunakan oleh investor dan disusun oleh para profesional (analis keuangan), sehingga memberikan mereka dengan dasar untuk membuat keputusan investasi.
  • Lembaga keuangan (bank dan perusahaan pinjaman lainnya) menggunakan mereka untuk memutuskan apakah akan memberikan perusahaan dengan segar modal kerja atau memperpanjang hutang efek (seperti jangka panjang pinjaman bank atau surat utang ) untuk membiayai ekspansi dan pengeluaran penting lainnya.
  • Pemerintah (fiskus) perlu laporan keuangan untuk memastikan kepatutan dan ketepatan pajak dan tugas lain diumumkan dan dibayar oleh perusahaan.
  • Vendor yang memberikan kredit untuk usaha memerlukan laporan keuangan untuk menilai kelayakan bisnis.
  • Media dan masyarakat umum juga tertarik dalam laporan keuangan karena berbagai alasan.

Laporan keuangan Pemerintah

Aturan untuk pengukuran, pencatatan dan penyajian laporan keuangan pemerintah mungkin berbeda dari yang dibutuhkan untuk bisnis dan bahkan untuk organisasi non-profit. Mereka dapat menggunakan salah satu dari dua metode akuntansi : akrual akuntansi , atau akuntansi kas, atau kombinasi dari dua ( OCBOA ).Sebuah set lengkap bagan akun juga digunakan yang secara substansial berbeda dari grafik dari berorientasi keuntungan bisnis

Laporan Keuangan organisasi non-profit

Laporan keuangan organisasi non-profit yang menerbitkan laporan keuangan, seperti organisasi-organisasi amal dan besar asosiasi sukarela , cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan-laba perusahaan untuk. Seringkali mereka hanya terdiri dari neraca dan "laporan aktivitas" (penghasilan daftar dan beban) mirip dengan "Laba Rugi dan pernyataan" dari laba-bagi. Organisasi Amal di Amerika Serikat diminta untuk menunjukkan pendapatan dan aktiva bersih (ekuitas) dalam tiga kategori: tidak terikat (tersedia untuk penggunaan umum), sementara yang dibatasi penggunaannya (akan dirilis setelah waktu donor atau pembatasan tujuan telah dipenuhi), dan permanen yang dibatasi penggunaannya (akan diadakan terus-menerus, misalnya, dalam sebuah Endowment).

Laporan keuangan Pribadi

Laporan keuangan pribadi mungkin diperlukan dari orang-orang mengajukan permohonan pinjaman pribadi atau bantuan keuangan . Biasanya, laporan keuangan pribadi terdiri dari bentuk tunggal untuk pelaporan aset pribadi yang dimiliki dan kewajiban (hutang), atau sumber pribadi dari pendapatan dan pengeluaran, atau keduanya. Formulir ini harus diisi ditentukan oleh organisasi memasok pinjaman atau bantuan.

Audit dan implikasi hukum

Meskipun undang-undang berbeda dari negara ke negara, sebuah audit laporan keuangan perusahaan publik biasanya diperlukan untuk investasi, pembiayaan, dan keperluan pajak.. Ini biasanya dilakukan oleh akuntan independen atau perusahaan audit. Hasil audit dirangkum dalam sebuah laporan audit yang baik memberikan pendapat wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan atau kualifikasi untuk keadilan dan akurasi. Pendapat audit atas laporan keuangan biasanya sudah termasuk dalam laporan tahunan.

Sejak laporan audit cenderung ditujukan kepada para pemegang saham saat ini, umumnya berpikir bahwa mereka berutang kewajiban hukum dari perawatan kepada mereka. Tapi ini tidak mungkin terjadi, sebagaimana ditentukan oleh preseden hukum umum. Di Kanada, auditor bertanggung jawab hanya untuk investor menggunakan prospektus untuk membeli saham di pasar primer. Di Inggris , mereka telah bertanggung jawab kepada calon investor jika auditor menyadari investor potensial dan bagaimana mereka akan menggunakan informasi dalam laporan keuangan. auditor saat ini cenderung untuk menyertakan dalam bahasa kewajiban membatasi laporannya, mengecilkan orang selain petutur laporan mereka dari bergantung di atasnya. Kewajiban merupakan isu penting: di Inggris, misalnya, auditor memiliki kewajiban yang tidak terbatas .

Di Amerika Serikat , terutama di pasca- Enron era ada kekhawatiran besar tentang akurasi laporan keuangan. " petugas Perusahaan (yang chief executive officer (CEO) dan direktur keuangan (CFO)) secara pribadi bertanggung jawab untuk membuktikan bahwa laporan keuangan "tidak mengandung pernyataan tidak benar tentang fakta material atau menghilangkan untuk menyatakan fakta material yang diperlukan untuk membuat pernyataan yang dibuat , dalam terang keadaan di mana pernyataan seperti itu dibuat, tidak menyesatkan sehubungan dengan periode yang dicakup oleh laporan. Membuat atau sertifikasi laporan keuangan yang menyesatkan memperlihatkan orang yang terlibat untuk tanggung jawab perdata dan pidana substansial. Sebagai contoh Bernie Ebbers (mantan CEO WorldCom ) dijatuhi hukuman 25 tahun penjara federal untuk memungkinkan's pendapatan WorldCom harus dilebih-lebihkan oleh $ 11000000000 selama lima tahun.

Standar dan peraturan

Negara-negara yang berbeda telah mengembangkan prinsip akuntansi mereka sendiri dari waktu ke waktu, membuat perbandingan internasional perusahaan sulit. To ensure uniformity and comparability between financial statements prepared by different companies, a set of guidelines Untuk memastikan keseragaman dan komparabilitas antara laporan keuangan yang disiapkan oleh perusahaan yang berbeda, satu set panduan dan ketentuan tersebut digunakan. Sering disebut sebagai Prinsip Akuntansi yang berlaku umum (GAAP), seperangkat pedoman ini memberikan dasar dalam penyusunan laporan keuangan.

Baru-baru ini telah mendorong terhadap standardisasi aturan akuntansi yang dilakukan oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional ("IASB”). IASB mengembangkan Standar Pelaporan Keuangan Internasional yang telah diadopsi oleh Australia , Kanada dan Uni Eropa (untuk perusahaan publik dikutip saja), berada di bawah pertimbangan di Afrika Selatan dan negara-negara lain . Para Amerika Serikat Dewan Standar Akuntansi Keuangan telah membuat komitmen untuk berkumpul dengan US GAAP dan IFRS dari waktu ke waktu.

Penyertaan dalam laporan tahunan

Untuk menarik investor baru, sebagian besar perusahaan publik merakit laporan keuangan mereka di atas kertas halus dengan menyenangkan grafis dan foto dalam laporan tahunan kepada pemegang saham , mencoba untuk menangkap kegembiraan dan budaya organisasi dalam "pemasaran brosur "dari macam. Biasanya chief executive perusahaan akan menulis surat kepada pemegang saham, menggambarkan kinerja manajemen dan perusahaan keuangan penting.

Di Amerika Serikat, sebelum munculnya internet, laporan tahunan dianggap sebagai cara yang paling efektif bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pemegang saham individu. chip Blue perusahaan pergi ke beban besar untuk memproduksi dan surat keluar laporan tahunan yang menarik bagi setiap pemegang saham. The annual report was often prepared in the style of a coffee table book . Laporan tahunan ini sering disiapkan dalam gaya sebuah buku meja kopi .

Pindah ke laporan keuangan elektronik

Laporan keuangan telah dibuat di atas kertas selama ratusan tahun. Pertumbuhan Web telah melihat laporan keuangan yang lebih dan lebih dibuat dalam bentuk elektronik yang tertukar melalui Web. Jenis laporan keuangan elektronik memiliki kelemahan mereka dalam hal itu masih membutuhkan seseorang untuk membaca informasi dalam rangka untuk menggunakan kembali informasi yang terkandung dalam laporan keuangan.

Baru-baru ini pasar didorong standar global, XBRL (Extensible Business Reporting Language), yang dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan dalam komputer dibaca dan format yang terstruktur, telah menjadi lebih populer sebagai format untuk membuat laporan keuangan. Banyak regulator di seluruh dunia seperti AS dan Securities Exchange Commission memiliki mandat XBRL untuk penyampaian informasi keuangan.

UN / CEFACT dibuat, sehubungan dengan Prinsip Akuntansi Berlaku umum, ( GAAP ), internal atau eksternal keuangan pelaporan XML pesan yang akan digunakan antara perusahaan dan mitra mereka, seperti pihak yang berkepentingan swasta (bank misalnya) dan badan mengumpulkan publik (misalnya perpajakan berwenang). Banyak regulator menggunakan pesan tersebut untuk mengumpulkan informasi keuangan dan ekonomi.

Contoh : Laporan Rugi Laba


Karena laporan rugi laba merupakan laporan akuntansi utama, maka laporan ini tidak asing lagi di setiap perusahaan. Banyak kesan bahwa menyusun laporan ini sulit, Pada hal sangat sederhana apalagi dikerjakan pada sistem akuntansi komputer, untuk menerbitkan laporan ini tinggal clik command button, komputer segera mengerjakannya. Gampangkan ?

Sesungguhnya memang sederhana dan gampang sekali. Timbulnya kesan rumit adalah karena laporan ini melibatkan semua transaksi yang jumlahnya relative banyak, mulai dari awal periode akuntansi sampai periode akhir. Jumlah yang banyak itulah yang sulit, namun dengan bantuan komputer semua itu jadi mudah dan cepat.

Untuk memahami laporan Rugi laba kita perhatikan konsep dasarnya yang sangat sederhana yaitu :

Untung = Jual – Beli

Sekarang kita kembangkan, Jual itu dalam suatu kegiatan usaha melibat unsur diskon, retur dll. Sedangkan unsur beli melibatkan unsur barang yang dijual sebagai biaya pokok. Disamping itu dalam melakukan usaha tersebut melibatkan kegiatan operasional yang menyebabkan timbul biaya operasional. Selain itu masih terdapat unsur lain yaitu unsur yang tidak terkait langsung dengan usaha pokok perusahaan kita sebut saja pendapatan/biaya diluar usaha atau biaya lain lain dan terakhir terdapat hubungan dengan kewajiban kepada pemerintah yaitu berupa pajak.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka dapat kita temukan susunan seperti berikut:

JUDUL DAN PERIODE ——> STANDAR AKUNTANSI

1. PENDAPATAN/PENGHASILAN :

  • ……………………………………….. nnnnnnnn
  • ……………………………………….. nnnnnnnn +

JUMLAH PENGHASILAN NNNNNNN —-> JUAL

2. HARGA POKOK PERSEDIAAN:

  • ……………………………………….. nnnnnnnn
  • ……………………………………….. nnnnnnnn +

JUMLAH HARGA POKOK PERSEDIAAN NNNNNNN - ———> BELI

PENGHASILAN NNNNNNN ———-> UNTUNG

3. BIAYA OPERASI:

  • BIAYA PENJUALAN
    • …………………………….. nnnnnnnn
    • …………………………….. nnnnnnnn

JUMLAH BIAYA PENJUALAN NNNNNNN

  • BIAYA ADMINISTRASI & UMUM
    • …………………………….. nnnnnnnn
    • …………………………….. nnnnnnnn

JUMLAH BIAYA ADMINISTRASI NNNNNNN +

4. JUMLAH BIAYA OPERASI NNNNNNNN -

5. PENDAPATAN/BIAYA LAIN LAIN:

  • PENDAPATAN LAIN LAIN
    • …………………………….. nnnnnnnn
  • BIAYA LAIN-LAIN
    • …………………………….. nnnnnnnn
  • JUMLAH PENDAPATAN & BIAYA LAIN LAIN NNNNNNN

6. LABA SEBELUM PAJAK NNNNNNN

7. PAJAK PENGHASILAN NNNNNNN

LABA/RUGI BERSIH NNNNNNN

(mohon ma’af masih perlu dirapikan)

Selanjutnya berdasarkan kebutuhan, rugi laba perlu dibandingkan dengan rugi laba periode tertentu misal periode yang sama pada masa akuntansi tahun lalu atau dengan periode akhir tahun lalu, sehingga laporan laba rugi dapat menampikan perkembangan usaha.

Dari cara menghitung terdapat dua bentuk laporan rugi laba yaitu metode periodical dan perpetual inventoy dimana metote periodical inventory sudah jarang digunakan karena dengan bantuan komputer menggunakan metode perpertual inventory, laporan rugi laba dapat divisual kapan saja diperlukan.

Perbedaan laporan Rugi laba perusahaan jasa, dagang dan industri hanya terdapat perbedaan pada rekening-rekening rugi laba yang terdapat pada masing-masing perusahaan tersebut misalnya :

  • Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan, sehingga dalam laporan rugilaba tidak terdapat komponen harga pokok persediaan
  • Perbedaan nama rekening misalnya nama rekening penghasilan pada perusahaan dagang “Penghasilan Penjualan “ sedangkan pada perusahaan jasa adalah “Penghasilan Jasa”
  • dll.

Untuk melakukan hal tersebut, sulit hanya semata-mata karena melibatkan banyak data namun dengan bantuan aplikasi komputer laporan rugi laba dapat dihasilkan dalam hitungan detik, sehingga dapat dilihat kapan saja dibutuhkan.

Menyusun Rekening Rugi Laba

PENDAPATAN/PENGHASILAN : Yaitu pendapat/penghasilan dari usaha pokok perusahaan. Pada persusahaan dagang adalah penghasilan dari penjualan barang dagang yang selanjutnya disebut penjualan. Elemen lain yang mempengaruhi penjualan adalah potongan penjualan dan retur penjualan. Mungkin ada komisi yang langsu berkaitan dengan penjualan ditempatkan di bagian ini.

Penjualan



99,999,999.00

PotonganPenjualan

99,999,999.00



Retur Penjualan

99,999,999.00

+






PENJUALAN BERSIH



99,999,999.00

Perlu tidaknya rekening penjualan ke rekening yang lebih spesifik sepenuhnya adalah kebijakan pimpinan perusahaan. Saya pernah melakukanya atas permintaan manajemen perusahaan clien saya dimana setia item barang memiliki rekening sendiri. Total rekening Neraca dan Rugi laba menjadi 750 item. Informasi yang diperileh sangat terinci namun disisi lain menuntut user untuk bekerja lebih teliti dan punya tinggkat kesulitan ngat tinggi. Tip dari saya sebaiknya kalau memang ingin di detail cukup dengan membuat berdasarkan kelompok-kelompok barang saja.

HARGA POKOK PERSEDIAAN : Adalah semua biaya yang diperlukan untuk memperoleh persediaan sampai persediaan tersebut dapat dijual, namun umumnya hanya elemen yang terkait secara langsung saja yang dikelompokan sebagai harga pokok persediaan. Elemen yang mempengaruhi nilai harga pokok peresediaan adalah potongan pembelian dan retur pembelian.

Pembelian

99,999,999.00



Biaya Transport

99,999,999.00



Potongan Pembelian

99,999,999.00



Retur Pembelian

99,999,999.00

+


HARGA POKOK PERSEDIAAN



99,999,999.00

JUMLAH PENDAPATAN/PENGHASILAN



9,999,999,999.00

BIAYA OPERASIONAL : Adalah semua biaya yang diperlukan dalam usaha pokok perusahaan, selain Harga pokok persediaan meliputi biaya penjualan, biaya umum dan biaya administrasi. Umumnya biaya-2 tersebut sekelompokan sbb:

BIAYA PENJUALAN : Adalah biaya yang digunakan, untuk menjual barang dagang termasuk di dalamnya biaya yang digunakan untuk menagih hasil penjualan.

Biaya Gaji & Uang Transport Marketing

99,999,999.00



Biaya Iklan

99,999,999.00



Biaya Transport

99,999,999.00



Biaya Penagihan ( Kolektor )

99,999,999.00

+


TOTAL BIAYA PENJUALAN



99,999,999.00

BIAYA UMUM & ADMINISTRASI : Adalah kelompok biaya yang tidak berbanding lurus B16dengan hasil usaha. Namun besar anggaran yang ditetapkan untuk masing-masing element biaya, menentukan efektifitas kinerja perusahaan sehingga masing-masing elemen biaya umum dan administrasi perlu dikontrol agar selalu terjadi sinkronisasi dengan aktivitas perusahaan.





Biaya Listrik

99,999,999.00



Biaya Telepon

99,999,999.00



Biaya Gas dan Air

99,999,999.00



Biaya Alat Tulis & Kantor

99,999,999.00



Biaya Legal & Perizinan

99,999,999.00



Biaya Gaji Dan Tunjangan

99,999,999.00



Biaya Pengembangan SDM

99,999,999.00



Biaya Perjalanan Dinas

99,999,999.00



Biaya Perawatan & Perbaikan

99,999,999.00



Biaya Penyusutan Aktiva

99,999,999.00



Biaya Umum Lainnya

99,999,999.00

+






TOTAL BIAYA UMUM & ADMINISTRASI



99,999,999.00





TOTAL BIAYA OPERASIONAL



99,999,999.00

LABA USAHA



99,999,999.00

PENDAPATAN LAIN : Adalah pendapatan/penghsilan yang diperoleh dari aktivitas diluar usaha pokok perusahaan

Pendapatan Ongkos Angkut



99,999,999.00

Pendapatan Ongkos Potong



99,999,999.00

Pendapatan Bunga Jasa Giro



99,999,999.00





TOTAL PENDAPATAN LAIN



99,999,999.00





BIAYA LAIN-LAIN




Biaya Lain – lain

99,999,999.00



Biaya Bunga Bank

99,999,999.00



Penghapusan Piutang

99,999,999.00



Laba (Rugi) Penjualan Aktiva Tetap

99,999,999.00

+






TOTAL BIAYA LAIN-LAIN



99,999,999.00





POS LUAR BIASA




Peghasilan/Biaya/kerugian dari peristiwa/ kejadian luar biasa (Yang jarang terjadi)

99,999,999.00

+






TOTAL POS LUAR BIASA



99,999,999.00

LABA SEBELUM PAJAK



99,999,999.00

-Sumber :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&tl=id&u=http%3A%2F %2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FFinancial_statement

http://zulidamel.wordpress.com/2008/04/18/laporan-rugi-laba/


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009