Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 10 Maret 2011

EKONOMI PASAR


Sebuah ekonomi pasar adalah ekonomi di mana harga barang dan jasa yang ditetapkan dalam sistem harga bebas . Hal ini seringkali dibandingkan dengan sistem harga tetap . Ekonomi pasar dapat berkisar dari hipotetis murni laissez-faire varian untuk berbagai macam dunia nyata ekonomi campuransistem harga berada di bawah kendali pemerintah atau sangat diatur. , dimana Negara yang dipimpin perencanaan ekonomi tidak cukup luas untuk dicap sebagai ekonomi terencana.

Dalam dunia nyata, ekonomi pasar tidak ada dalam bentuk murni, sebagai masyarakat dan pemerintah mengatur mereka untuk berbagai gelar daripada membiarkan diri-regulasi oleh kekuatan pasar. Istilah pasar bebas ekonomi kadang-kadang digunakan sinonim dengan ekonomi pasar, tetapi, seperti Ludwig Erhard sekali menunjukkan, ini tidak menghalangi ekonomi dari memiliki atribut sosialis lawan laissez-faire sistem.

Sebagai contoh, Amerika Serikat merupakan ekonomi campuran (pasar besar regulasi , subsidi pertanian , Medicare / Medicaid ), namun pada saat yang sama itu adalah foundationally berakar dalam ekonomi pasar. Perspektif yang berbeda-beda ada yang kuat tentang bagaimana peran pemerintah seharusnya baik membimbing ekonomi pasar dan mengatasi ketidaksetaraan pasar menghasilkan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya konsensus mengenai isu-isu seperti bank sentral , dan kesejahteraan .

Hal ini juga memungkinkan untuk membayangkan sebuah sistem ekonomi berdasarkan produsen independen, koperasi , kepemilikan pekerja demokratis dan alokasi pasar barang dan jasa; berhasil ekonomi pasar tenaga kerja merupakan salah satu bentuk yang diusulkan beberapa sosialisme pasar .

Seperti banyak ekonomi, ekonomi pasar tergantung pada pembagian kerja . Beberapa orang berpikir harga dalam ekonomi pasar diatur oleh permintaan dan penawaran.

Sistem Ekonomi Pasar

Meskipun tidak ada negara yang pernah dimiliki di dalam perbatasan ekonomi di mana semua pasar yang benar-benar bebas, istilah ini biasanya tidak digunakan dalam pengertian mutlak. Banyak negara yang dikatakan memiliki ekonomi pasar memiliki tingkat tinggi kebebasan pasar, bahkan jika kurang dari beberapa bagian dari populasi lebih suka. Jadi, hampir semua perekonomian di dunia saat ini ekonomi dicampur dengan berbagai tingkat pasar bebas dan sifat-sifat ekonomi terencana. Sebagai contoh, di Amerika Serikat ada ciri-ciri ekonomi pasar lebih banyak daripada di Eropa Barat negara (pengecualian menjadi Inggris, yang dianggap, bahkan oleh Greenspan, untuk menjadi pasar yang lebih bebas daripada AS).

System ekonomi pasar dikemukakan oleh Adam Smith yang dimuat dalam bukunya yang berjudul An Inquiry Into the Nature and Causes of the wealth of Nation.
Cirri system ekonomi pasar adalah sebagai berikut :
a. Setiap individu bebas memiliki barang dan alat-alat produksi.
b. Kegiatan ekonomi di semua sector dilakukan oleh pihak swasta
c. Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi.
d. Modal memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi.
e. Setiap orang diberi kebebasan dalam memakai barang dan jasa
f. Semua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba.
g. Berlakunya persaingan secara bebas.
Kebaikan system ekonomi pasar adalah :
a. Adanya persaingan mendorong manusia atau individu untuk terus maju dan bertindak secara efektid dan efisiien.
b. Tiap-tiap individu bebas memilih pekerjaan yang disukai sesuai dengan minat dan bakatnya.
c. Produksi didasarkan atas kebutuhan masyarakat.
d. Kebebasan memilih alat-alat produksi dan modal.
Keburukan system ekonomi pasar adalah :
a. Persaingan dapat menyebabkan terjadinya penindasan dan monopoli.
b. Karena motif memperoleh laba, tiap-tiap individu hanya mementingkan diri sendiri sehingga pemerataan pendapatan sulit dicapai atau tidak merata.
c. Sulit menghindarkan naik turunnya kehidupan ekonomi sehingga krisis ekonomi lebih mungkin sering terjadi.
d. Timbulnya dampak imbasan.

Kapitalisme

Kapitalisme umumnya mengacu pada sistem ekonomi di mana alat-alat produksi adalah semua atau sebagian besar milik swasta dan dioperasikan untuk keuntungan, dan di mana investasi, distribusi, pendapatan, dan harga barang dan jasa ditentukan melalui operasi ekonomi pasar. Hal ini biasanya dianggap melibatkan hak individu dan kelompok individu yang bertindak sebagai "badan hukum" atau perusahaan untuk perdagangan barang modal, tenaga kerja, tanah dan uang

Kapitalisme telah dominan di dunia Barat sejak akhir feodalisme , tetapi sebagian besar merasa bahwa istilah "perekonomian campuran" lebih tepat menggambarkan kebanyakan ekonomi kontemporer, karena mengandung mereka baik milik dan milik negara perusahaan swasta, menggabungkan elemen dari kapitalisme dan sosialisme , atau mencampur karakteristik ekonomi pasar dan ekonomi yang direncanakan.Dalam kapitalisme, tidak ada otoritas perencanaan pusat tetapi harga yang ditentukan oleh skala permintaan-penawaran.

Laissez-faire

Laissez-faire adalah identik dengan apa yang disebut sebagai ekonomi pasar bebas kapitalis yang ketat selama awal dan pertengahan abad ke-19 sebagai yang ideal untuk mencapai. Hal ini umumnya dipahami bahwa komponen yang diperlukan untuk berfungsinya pasar bebas ideal termasuk tidak adanya lengkap peraturan pemerintah, subsidi, tekanan harga buatan dan monopoli pemerintah diberikan (biasanya digolongkan sebagai monopoli koersif oleh para pendukung pasar bebas) dan tidak ada pajak atau tarif selain dari apa yang diperlukan bagi pemerintah untuk memberikan perlindungan dari paksaan dan pencurian dan menjaga perdamaian,dan hak milik. Misalnya, permintaan tinggi untuk barang dan jasa tertentu mengakibatkan harga yang lebih tinggi dan permintaan lebih rendah untuk barang-barang tertentu mengakibatkan harga yang lebih rendah.

Milton Friedman dan Friedrich Hayek menyatakan bahwa kebebasan ekonomi adalah syarat perlu untuk penciptaan dan keberlanjutan sipil dan kebebasan politik . Mereka percaya bahwa kebebasan ekonomi hanya bisa dicapai dalam ekonomi berorientasi pasar, khususnya ekonomi pasar bebas. Mereka percaya, bagaimanapun, bahwa kebebasan ekonomi yang cukup dapat dicapai dalam perekonomian dengan fungsi pasar melalui mekanisme harga dan hak milik pribadi . Mereka percaya bahwa kebebasan lebih ekonomis yang tersedia lebih banyak kebebasan sipil dan politik masyarakat akan menikmati.

Friedman states: Friedman menyatakan:

  • "Kebebasan ekonomi hanyalah sebuah syarat untuk kebebasan politik yang dieksekusi. Dengan memungkinkan orang untuk bekerjasama dengan satu sama lain pemaksaan atau pusat tanpa arah itu mengurangi daerah atas politik yang kekuasaan" Friedman, Milton dan Rose Friedman, Free untuk Pilih : Sebuah Pernyataan Pribadi, Ihwal Menerjemahkan, 1980, hal 2-3 2-3
  • "Kapitalisme adalah kondisi yang diperlukan untuk politik kebebasan" Kapitalisme dan kebebasan

Studi oleh Canadian libertarian think tank Fraser Institute , Amerika konservatif think tank Heritage Foundation , dan Wall Street Journal menyatakan bahwa ada hubungan antara kebebasan ekonomi dan kebebasan politik dan sipil apabila diklaim oleh Friedrich von Hayek. Mereka setuju dengan Hayek bahwa negara-negara yang membatasi kebebasan ekonomi dan politik pada akhirnya membatasi kebebasan sipil.

Umumnya ekonomi pasar adalah bottom-up dalam pengambilan keputusan sebagai konsumen menyampaikan informasi kepada produsen dengan harga yang dibayar dalam transaksi pasar. Semua negara saat ini memiliki beberapa bentuk kontrol atas pasar yang menghilangkan arah bebas dan tidak terbatas sumber daya dari konsumen dan harga seperti tarif dan korporasi subsidi . Milton Friedman dan microeconomists lainnya banyak yang percaya bahwa bentuk-bentuk intervensi memberikan insentif bagi sumber daya untuk disalahgunakan dan terbuang, menghasilkan produk-produk masyarakat tidak mungkin nilai sebanyak produk yang dinilai sebagai akibat dari pembatasan ini.

Sosialisme Pasar



Pasar sosialisme mengacu pada berbagai sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki lembaga ekonomi atau industri utama tetapi beroperasi mereka sesuai dengan aturan penawaran dan permintaan. Dalam ekonomi sosialis pasar tradisional, harga akan ditentukan oleh departemen perencanaan pemerintah, dan perusahaan baik akan menjadi milik negara atau kooperatif-dimiliki dan dikelola oleh karyawan mereka. Libertarian sosialis dan kiri-anarkis sering mempromosikan suatu bentuk sosialisme pasar di mana perusahaan yang dimiliki dan dikelola secara kolektif oleh para pekerja, tetapi saling bersaing dengan cara yang sama perusahaan swasta bersaing dalam pasar kapitalis.

Republik Rakyat Cina saat ini memiliki bentuk sosialisme pasar disebut sebagai ekonomi pasar sosialis , di mana sebagian besar industri ini adalah milik negara, namun harga tidak ditetapkan oleh pemerintah. Dalam model ini, milik perusahaan negara bebas dari peraturan yang berlebihan dan fungsi yang lebih mandiri secara lebih terdesentralisasi fashion daripada di lain sistem ekonomi sosialis.

Pasar Sosial

Ekonomi pasar adalah model sosial berdasarkan ekonomi pasar bebas, dikombinasikan dengan regulatif ukuran dari negara untuk mencegah kegagalan pasar . Landasan teoritis adalah membangun neoliberalisme (di Jerman juga disebut ordoliberalism ). Model ini dilaksanakan oleh Ludwig Erhard setelah Perang Dunia II di Jerman Barat . Karakteristik ekonomi pasar sosial yang kuat kebijakan persaingan dan kebijakan moneter kontraktif .

Kritik

Robin Hahnel dan Michael Albert mengklaim bahwa pasar inheren menghasilkan pembagian kelas ; antara konseptual manual buruh, dan dan akhirnya manajer divisi dan pekerja, dan de facto pasar tenaga kerja untuk pekerja konseptual. Albert mengatakan bahwa dalam ekonomi pasar, bahkan jika semua orang mulai keluar dengan pekerjaan yang kompleks seimbang (melakukan campuran dari berbagai peran kreativitas, tanggung jawab dan pemberdayaan), pembagian kelas akan timbul, karena beberapa akan lebih mampu dari orang lain untuk menangkap manfaat keuntungan ekonomi: jika satu mobil desain pekerja dan yang lain membangun mereka, desainer akan menggunakan keterampilan kognitif yang lebih sering daripada builder. Dalam jangka panjang, desainer akan menjadi lebih mahir di tempat kerja konseptual dari pembangun, memberikan daya tawar desainer yang lebih besar dalam perusahaan atas distribusi pendapatan. Seorang pekerja konseptual yang tidak puas dengan penghasilannya dapat mengancam untuk bekerja untuk sebuah perusahaan yang akan membayar lebih banyak, sehingga pembagian kelas muncul.

Sementara sebagian besar negara-negara maju saat ini dapat diklasifikasikan sebagai memiliki ekonomi campuran, mereka sering dikatakan memiliki ekonomi pasar karena mereka membiarkan kekuatan pasar untuk mendorong sebagian besar kegiatan mereka, biasanya terlibat dalam intervensi pemerintah hanya sejauh itu perlu untuk memberikan stabilitas. Meskipun ekonomi pasar jelas merupakan sistem pilihan di pasar global saat ini, ada perdebatan signifikan mengenai jumlah intervensi pemerintah dianggap optimal untuk operasi ekonomi yang efisien.

Ekonomi Pasar AS

Ekonomi Pasar AS pada dasarnya terstruktur dengan prinsip-prinsip kebebasan individu. Ekonomi AS adalah dunia ekonomi terbesar dunia. Ketahui lebih lanjut mengenai Amerika Serikat Ekonomi Pasar.

Market Oriented Economy Berorientasi Pasar Ekonomi

Sebagian besar ekonomi dunia telah mengikuti prinsip-prinsip sistem ekonomi yang berorientasi pasar.Ekonomi seperti India dan Cina telah mencapai keberhasilan ekonomi tertinggi melalui penggunaan prinsip-prinsip yang berorientasi pasar.

Sumber:

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.investorwords.com/2971/market_economy.html&rurl=translate.google.com&usg=ALkJrhgZ43ff8_VH97W7A3qeaUvAlVtuow#ixzz1FtAMkSlG

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.investopedia.com/terms/m/marketeconomy.asp

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Market_economy

http://id.shvoong.com/business-management/2003961-sistem-ekonomi-pasar-liberal/

Gambar : http://www.kedai-kebebasan.org/i/1224236078_Photo_erhard.JPG




1 komentar:

UII Official on 2 Agustus 2012 00.12 mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

Poskan Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009