Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 10 Maret 2011

Ekonomi Terpusat atau Ekonomi Multiple



by George Winder oleh George Winder dari Volume 8 dari Essays on Liberty, yang diterbitkan pada tahun 1961 oleh Yayasan Pendidikan Ekonomi, 30 S. Broadway, lrvington-on-Hudson, NY 10533, dicetak ulang dari awal isu THE FREEMAN.

Sistem politik-ekonomi di mana masyarakat dunia membuat hidup mereka dapat dibagi ke dalam ekonomi terpusat atau beberapa. Pada bagian pertama dari dua kelas besar semua produksi diarahkan oleh otoritas sentral yang terdiri dari, atau berasal daya dari, seorang kepala, dewan penatua, raja, atau dalam kasus negara-negara komunis staf politik di bawah di atas-semua perintah diktator. Hal ini dipahami oleh sosialis bahwa otoritas memimpin ekonomi terpusat dapat memperoleh daya dari sebuah majelis terpilih, tetapi dalam prakteknya, demokrasi dan ekonomi terpusat memiliki co-jarang ada.

Karakteristik besar ekonomi terpusat adalah bahwa semua kegiatan ekonomi diarahkan atau direncanakan oleh pemerintah pusat sehingga orang dikenakan kontrol hirarkis. Setiap orang memiliki atasan yang dia harus patuh.: Contoh paling menonjol dari ekonomi terpusat adalah:

  1. PRIMITIF KOMUNISME yang pernah ada di antara semua bangsa dan masih bertahan di banyak negara tidak beradab. Semua produksi dalam tahap ini masyarakat berada di bawah arahan kepala suku atau dewan dari penatua.
  2. Sistem feodal di mana tanah, yang berarti semua-penting dari produksi, diadakan atas nama raja, yang menunjuk kaki tangan yang kuat untuk memastikan bahwa menghasilkan pasokan dan laki-laki berkelahi. Tanah itu sendiri biasanya bekerja di bawah beberapa bentuk kontrol komunal di bawah arahan badan-badan seperti pengadilan manor. Tanggungjawab individu adalah dari jenis yang paling dasar.
  3. AMERIKA BERSAMA seperti Nazi Jerman dan Italia fasis. Berikut hirarki kontrol sepenuhnya jelas, tetapi meskipun semua produksi diarahkan dan semua modal dikuasai oleh negara, kepemilikan hukum nominal properti tetap berada di tangan orang-orang yang menerima bagian dari hasil subyeknya, biasanya, untuk proses yang Keynes Tuhan telah digambarkan sebagai "eutanasia rente itu."
  4. NEGARA KOMUNIS ATAU SOSIALIS. Berikut pengendalian properti dan arah produksi adalah sama seperti di negara Nazi atau fasis, tapi pemilik individu telah dilikuidasi dan hartanya disita.

Dalam dua bentuk terakhir ekonomi terpusat, arah produksi selalu jatuh ke tangan seorang diktator yang menunjuk perencana untuk mengelola subyek ekonomi untuk mengontrol di mana pertimbangan politik memainkan bagian yang menentukan.

Tidak ada yang baru dalam salah satu dari ekonomi terpusat. Mereka, dan sistem hirarkis dengan yang mereka dikendalikan, telah dikenal lama tak terhitung jumlahnya. Penundukan individu dengan naluri buta kelompok, yang merupakan karakteristik luar biasa mereka, dapat dikatakan sebagai kondisi alam manusia sebelum dia melatih dirinya bagi peradaban. Bahwa beberapa negara ini terpusat memanfaatkan dan bahkan mengembangkan produk-produk modern kapitalisme tidak dapat mengubah fakta ini.

Ekonomi terpusat masih memiliki daya tarik yang sangat besar bagi banyak orang. Ini mengurangi mereka dari tanggung jawab untuk melaksanakan hidup mereka sendiri sepanjang mereka mengikuti gagasan kolektif yang berlaku dan emosi. Dalam kesengsaraan dan perang peningkatan jumlah laki-laki akan selalu kembali ke sana. Hal ini sedikit banyak menjelaskan penerimaan mudah Nazisme dan fasisme di negara-negara yang relatif beradab seperti Jerman dan Italia. Sebagian besar ideologi kolektif modern timbul dari keinginan naluriah untuk dijaga oleh otoritas yang unggul. Naluri ini laten terletak di sebagian dari kita sebagai hasil dari latar belakang kita berabad-abad komunisme kesukuan. It Ini hanya dapat diatasi oleh keyakinan dalam filsafat atau agama.

MULTIPLISITAS DIREKSI

Di sisi lain, beberapa perekonomian tergantung untuk efisiensi, bukan pada konsentrasi arah ekonomi, tetapi melanggar dari arah yang ke sebagai tangan sebanyak mungkin cukup. Ini membuat setiap saham secara langsung kapitalis sendiri kecilnya ekonomi. kanannya untuk melakukannya muncul dari kepemilikan hak-milik. Sebuah ekonomi beberapa direncanakan atau diarahkan oleh pemilik peternakan, pabrik, kapal, bank, truk, toko-toko, dan bahkan pemilik properti yang mampu membantu dalam pekerjaan besar dari produksi barang.

Sekarang ini jenis ekonomi dengan jumlah besar untuk mengarahkan pemerintah tampaknya cukup luar pemahaman dari sosialis yang tidak dapat memahami hal ini keragaman arah. Ia percaya bahwa jika lebih dari sekelompok kecil langsung ahli ekonomi, maka mau tidak mau harus kekacauan hasil. Bagaimana ekonomi yang rumit luas direncanakan dan memerintahkan tanpa ekonom yang kompeten untuk langsung dari pusatnya? Seseorang tidak dapat menjalankan bahkan satu bisnis tanpa perencanaan yang hati-hati, bagaimana, oleh karena itu, bisa satu menjalankan perekonomian seperti yang dari Amerika atau Inggris tanpa perencanaan seperti itu?

Kami melihat sesuatu dari baris ini penalaran dalam konferensi pertama dari Partai Buruh Inggris setelah perang ketika pada contoh Profesor Laski resolusi yang telah disahkan yang menyatakan bahwa "tidak boleh ada kembali setelah perang ke masyarakat kompetitif tidak direncanakan," dan mengusulkan bukan "perencanaan produksi untuk konsumsi masyarakat. Tuntutan serupa untuk sebuah ekonomi terencana dengan sosialis dan Amerika "liberal" telah terlalu banyak untuk mengingat. ditemukan di http://FreedomKeys.com/economies.htm

MEKANISME KONTROL

Tapi untungnya bagi kemanusiaan, beberapa arah ekonomi dengan kapitalis tak terhitung - masing-masing yang bersangkutan dengan hanya sebagian kecil dari total produksi - tidak berarti kekacauan. Sebaliknya, itu berarti arah yang paling efisien dan perencanaan ekonomi bahwa dunia belum mampu mencapai. Alasan untuk ini adalah bahwa kontrol kapitalis bagian tentang perekonomian tidak mutlak. Dia berada di bawah perintah ketat dari kekuatan jauh lebih besar daripada dirinya sendiri. Obligasi Nya mungkin tampak cahaya untuk mereka adalah bersifat impersonal, tetapi mereka sangat kuat. Setiap ketidaktaatan akan membalas dendam, sebagai pilihan terakhir, dengan kebangkrutan.

Master ini kuat dari semua kapitalis yang mengkoordinasikan produksi mereka, dan pada kenyataannya rencana ekonomi keseluruhan mereka, adalah tidak lain dari rakyat sendiri yang melaksanakan kekuasaan mereka melalui mekanisme harga bebas, yang merupakan instrumen yang paling efisien untuk memimpin dan perencanaan ekonomi yang belum pernah dibuat. Produksi dan investasi kapitalis tampaknya independen diarahkan oleh naik turunnya harga komoditas dan jasa. Sebuah pergerakan harga akan memberitahu produsen jauh lebih cepat daripada yang dapat setiap perencana ekonomi negara apa yang tuan mereka, konsumen, ingin mereka untuk memproduksi dan di mana untuk menanamkan modalnya. Mekanisme harga bebas, dengan mencegah limbah dan dengan memberikan petunjuk cepat untuk kapitalis, yang harus dipatuhi pada rasa sakit kebangkrutan, telah membuat ekonomi beberapa sistem yang paling efisien untuk memasok keinginan orang-orang bahwa dunia yang pernah dikenal.

Di bawah seperti gluts sistem, dan kelangkaan tidak dapat terjadi kecuali sebagai hasil dari beberapa fenomena alam yang tidak terduga. Seperti Amerika Serikat telah mengalami dengan pasokan pertanian, atau seperti * depresi seperti yang ditimpakan kepada dunia pada tahun tiga puluhan tidak mungkin terjadi.

Jauh dari kekacauan dan ketidakseimbangan sebagai hasil dari beberapa atau ekonomi pasar bebas, sebagai sosialis klaim, banyak ekonom telah dilanda koordinasi perencanaan efisien atau membawa tentang. " Profesor HD Henderson, misalnya, dalam bukunya Ekonomi Cambridge Handbook, PENAWARAN DAN PERMINTAAN, menulis tentang ini koordinasi dalam kata-kata berikut: "Sama seperti dalam dunia fenomena alam, yang untuk waktu lama tampak begitu patuh dan tak bisa dijelaskan, kami telah datang secara bertahap untuk melihat sebuah semua keseragaman yang menyebar dan urutan serupa, jika kurang baik megah. "

" The Bastiat besar ** berbicara tentang ini koordinasi yang sama dalam kata-kata berikut: "Pada saat memasuki Paris yang saya berkunjung, saya berkata kepada diri sendiri - Berikut adalah satu juta manusia yang semuanya akan mati dalam waktu singkat jika ketentuan setiap jenis berhenti mengalir ke arah kota metropolis yang besar. Imajinasi adalah bingung ketika mencoba untuk menghargai keanekaragaman besar komoditas yang harus masuk besok melalui hambatan dalam rangka menjaga penduduk dari terjerumus ke kejang kelaparan, pemberontakan, dan menjarah Namun semua tidur pada saat ini, dan terlelap damai mereka. yang tidak terganggu untuk sekejap oleh prospek seperti bencana. Di sisi lain, departemen delapan puluh [daerah dari Perancis] telah bekerja hari ini, tanpa konser, dan tanpa ada saling pengertian, untuk pengadaan di Paris. "

Dapat dikatakan bahwa karena peningkatan besar dalam kontrol pemerintah urusan ekonomi sejak zaman Bastiat seperti ilustrasi karena ia telah memberi kita tidak lagi berlaku. Memang benar bahwa kekuatan mengarahkan mekanisme harga yang telah dikurangi dengan hasil bahagia banyak, tetapi masih tetap panduan ekonomi yang paling efektif yang kita miliki. Hal ini diilustrasikan dengan peningkatan besar yang terjadi dalam ekonomi Inggris segera setelah pemerintah Konservatif dirilis dari banyak kontrol langsung yang sosialis pendahulu mereka ditahan lama setelah perang berakhir.

Kadang-kadang sosialis akan mengklaim bahwa kebebasan pasar harus dibatasi demi kebebasan rakyat. Mereka tidak menyadari bahwa di campur dengan mekanisme harga itu adalah kebebasan ini sangat dari orang-orang mereka menghancurkan.

IMPERSONAL HANYA PANDUAN

Atribut pertama, kemudian, beberapa ekonomi atau pasar ketertiban dan efisiensi, tetapi memiliki kebajikan lainnya sama pentingnya. Kita telah melihat bahwa pemilik modal di beberapa ekonomi harus tunduk pada tuntutan pasar yang ia akan menemukan master benar-benar kejam. Pada saat yang sama itu adalah master yang memiliki keutamaan tak ternilai harganya, yang sepenuhnya adil dan impersonal. Ini tidak mengesampingkan dengan mengirim Komisar atau Gauletiers ke kantor kapitalis untuk menginstruksikan kepadanya apa yang ia harus menghasilkan. Hal ini tahan terhadap pengaruh merusak dari kelompok penekan. Kapitalis harus mematuhi pasar, tetapi ia harus tunduk kepada tidak menguasai manusia terlihatHal ini karena peraturan ini impersonal bahwa perekonomian banyak adalah bentuk salah satu ekonomi di mana laki-laki bisa bebas.

Di beberapa ekonomi pasar aturan sebagian besar dari kehidupan kita. Ketika di masa muda kita, kita memilih pekerjaan kita akan mengikuti, pasar memberitahu kita apa remunerasi kita harapkan dan mempengaruhi kita sesuai. Di negara-negara paling modern pengaruh ini adalah kualifikasi oleh upaya serikat buruh, dan sampai batas tertentu oleh undang-undang, tetapi tingkat pasar untuk upah masih merupakan unsur paling penting. Pasar membantu kita untuk memutuskan apa yang akan kita makan dan bagaimana kita akan pakaian diri kita dan memberikan rumah kami. Kita harus mempertimbangkan pasar ketika kita memilih rumah di mana kita akan hidup. " Bila tidak ada pasar bebas orang tidak memilih rumah mereka sendiri, mereka adalah "disimpan. Pasar memutuskan apakah pekerjaan kami memberikan kepuasan kepada banyak orang, dalam hal ini akan membuat kita kaya, atau apakah itu hanya memberikan kepuasan rata-rata, dalam hal reward kita akan bersifat sesuai. Jika, dengan modal kita atau tenaga kerja kita, kita tidak melakukan apapun bagi masyarakat, pasar akan memberi kita apa-apa.

Jika seorang pria adalah untuk hidup tanpa baik perampokan atau amal, maka ia harus menyediakan pasar dengan barang atau tenaga kerja. These must be of a type the market demands, otherwise they will not sell. Ini harus dari tipe permintaan pasar, kalau tidak mereka tidak akan menjual.

Kami aman mungkin mengatakan bahwa pasar kontrol lebih dari setengah kegiatan duniawi. Ini berarti bahwa bahkan terbebas dari kita untuk sebagian besar hidup kita dalam perhambaan kepada keinginan orang lain, tetapi karena tuntutan mereka disajikan melalui pasar, obligasi ini tampaknya kita untuk menjadi terang.

MASTER POLITIK

Jadi kita dapat mengatakan bahwa kepala master kegiatan manusia terdiri dari tidak kurang daripada orang-orang sendiri yang berkuasa melalui mekanisme harga. Tapi ada master kedua yang juga memiliki perintah yang sangat besar atas kehidupan kita. Hal ini, tentu saja, pemerintah negara di mana kita hidup. Peraturan ini master kedua melalui hukum yang didirikan dan kadang-kadang melalui peraturan dan fiats, dan instrumen untuk menegakkan aturan perusahaan polisi.

Selama berabad-abad provinsi dari kedua penguasa itu tidak jelas. Semua kekuatan ekonomi dan kekuasaan politik berada di tangan yang sama. Antara Renaissance dan Perang Dunia I, bagaimanapun, semua perkembangan menuju kebebasan dan peradaban juga terhadap pemisahan dari dua tuan dari takdir manusia. Kami melihat ini semakin pemisahan dengan revolusi tudo, perang saudara Inggris, jijik kemudian melawan merkantilisme, dan dalam desakan kaum liberal abad kesembilan belas bahwa negara tidak boleh mengganggu sistem ekonomi. Itu adalah asal dari ketentuan-ketentuan dalam Konstitusi Amerika yang berusaha untuk membatasi kekuasaan baik dari pemerintah federal dan negara.

Ini adalah pemisahan kekuatan ekonomi dan politik yang membuat kebebasan mungkin. Pemisahan ini hanya ditemukan di beberapa ekonomi. Dalam ekonomi yang kapitalis, dengan hak-haknya di tanah miliknya, dilindungi oleh hukum, bebas untuk mengikuti petunjuk dari orang dinyatakan melalui pasar. Dia tahu bahwa selama dia memenuhi pasar dia aman dan independen. If he satisfies his customers, he need call no man master. Jika dia memuaskan pelanggan, ia harus tidak ada panggilan master manusia. Dia bisa mencela pemerintah untuk isi hatinya tanpa takut kehilangan posisi dimana ekonomi pasar telah memberinya. Dia bisa menuntut hak untuk bepergian ke luar negeri, hak untuk kebebasan berbicara dan pers yang bebas, dan dia tahu bahwa kemerdekaan itu aman, dan bahwa pejabat tidak ada yang dapat membahayakan dirinya. Selama hukum terus melindungi kekayaan dan hak-hak yang telah dikaitkan dengan properti di semua negara beradab, dia tahu kebebasannya terjamin.

Pemilik properti bisa agnostik di sebuah distrik Protestan atau Katolik, atau bisa menjadi orang di lingkungan yang berwarna putih. An Pemilik properti mungkin kasar, tidak berpendidikan, dan kasar, namun demikian, jika ia mengelola hartanya secara bijaksana ia bisa menertawakan orang-orang yang tidak menyukainya. Hal ini mengejutkan apa prasangka kita akan diatasi untuk berurusan dengan orang yang memberikan kita barang jujur atau layanan yang efisien. Hanya dalam ekonomi dapat memiliki properti-orang luar, yang eksentrik, atau pikiran asli berkembang. Dalam ekonomi terpusat bahkan tawa atau ejekan dari tetangga seseorang tampaknya cukup untuk menjaga individu berbeda sesuai. Properti dengan hak aman ditegakkan oleh pengadilan adalah sangat dasar kebebasan manusia. Hal ini kebetulan bahwa di semua negara mana milik pribadi sudah tidak ada, kebebasan telah binasa.

PEKERJA YANG GRATIS?

Seseorang di sini mungkin berkata, "Ini semua sangat baik bagi pemilik properti, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang memiliki properti tidak -? Mereka bisa sama bebasTidak, mungkin, cukup begitu bebas. Seorang pekerja yang harus mendapatkan pekerjaan akan disarankan untuk menghindari penayangan pandangan ekstrem. Ini hanya mungkin bahwa pertimbangan rasial atau agama dapat mempengaruhi dia lebih dari mereka akan menjadi kapitalis independen. Tetapi untuk semua tujuan penting, seorang pekerja dalam ekonomi multiple sebebas kapitalis. Dia tidak perlu takut mandor nya atau majikan sebagai pekerja komunis ketakutan atasan langsung nya. Dasar kebebasan adalah banyaknya pemilik properti yang dapat mempekerjakan dirinya. Dengan bos banyak potensi dia perlu tunduk ke none. Selanjutnya, ia tahu bahwa ia sendiri dapat menjadi pemilik properti dan majikan.

Hak Properti sering digambarkan oleh sosialis sebagai "reaksioner hambatan terhadap keinginan rakyat." Tidak begitu. Mereka adalah hambatan terhadap negara, dan mereka melindungi rakyat dari penyalahgunaan kekuasaan tersebut. Tapi mereka hambatan efektif hanya selama dua tuan laki-laki, pasar bebas di satu sisi dan pemerintah di sisi lain, disimpan terpisah dan berbeda. Master ini harus dibatasi untuk provinsi mereka sendiri kontrol.

Ketika tidak ada mekanisme harga gratis untuk mengkoordinasikan ekonomi, maka dislokasi pasti akan muncul. Depresi - seperti yang yang mengikuti Perang Dunia I ketika pertimbangan politik dikuasai sebagian besar ekonomi dunia - menjadi tidak dapat dihindari dan mengakibatkan kontrol masih lebih lanjut dan dislokasi ekonomi lebih lanjut. Jika perkembangan ini dibiarkan berlanjut, aturan ekonomi oleh masyarakat melalui mekanisme harga yang datang berakhir, tempat mereka diambil oleh para perencana di bawah petunjuk dari kelompok politik yang berkuasa. Dengan penggabungan kekuatan ekonomi dan politik ke tangan otoritas satu ekonomi multiple hancur dan kebebasan akan berakhir.

Dalam ekonomi terpusat semua orang tunduk pada hirarki kontrol. Tentu saja kita tahu bahwa dalam beberapa ekonomi seperti kontrol ada di setiap perusahaan individual dari manajer sampai ke office boy, tapi itu ada hanya selama jam kerja. Selain itu, jika seorang karyawan tidak suka perintah yang diberikan kepadanya selama jam kerjanya, ia selalu bisa menemukan pekerjaan lain. Tetapi dalam ekonomi terpusat hanya ada satu majikan, negara, dan ini semua-kuat majikan selalu mengganggu dengan orang-orang, bahkan ketika jam kerja mereka sudah berakhir. Seiring dengan kontrol kegiatan ekonomi manusia dalam ekonomi terpusat, ada selalu ada pergi kontrol dari agama atau ideologi. Tidak hanya tenaga kerja laki-laki, tapi pikirannya sangat-Nya harus tunduk kepada kehendak orang-orang yang mengontrol sistem ekonomi. Jika pikiran pria diizinkan untuk bebas, maka ia mungkin kesal tempatnya dalam hirarki, atau bahkan berhenti percaya pada sistem ekonomi yang berlaku, dan itu akan menjadi berbahaya dalam ekonomi terpusat untuk semua orang tergantung pada arus politik-ekonomi rencana untuk mata pencaharian mereka.

Sebagai perekonomian direncanakan oleh otoritas pusat, kelancaran kerja tergantung pada semua memenuhi pekerjaan yang diberikan secara. Bahkan hak untuk memiliki taman pribadi atau sapi merupakan suatu kehormatan yang mengalihkan perhatian seseorang dari pekerjaannya, mengganggu rencana over-semua, dan jarang dapat diizinkan Dia yang tidak melakukan tugasnya menyabot rencana politik keseluruhan. Sebagai modal semua dikendalikan dan diarahkan oleh negara, sehingga juga harus kerja semua akan diberikan tugas oleh negara. Dia yang mengekspresikan pendapat berbahaya bagi pemerintah adalah selalu membahayakan ekonomi keseluruhan dan oleh karena itu, di mata orang-orang teratur, dibenarkan dibungkam. Sebagai akibatnya, ekonomi terpusat tidak hanya mengendalikan semua kegiatan produktif, tetapi pikiran sangat dan kehidupan rakyatnya. Ekonomi terpusat, apakah itu menyebut dirinya sosialis, komunis, fasis, atau Nazi, selalu menghancurkan kebebasan.

RENCANA HARUS MILITER

Kami di dunia Barat belum menyadari betapa banyak daya kehancuran pasar bebas dan pembentukan ekonomi terpusat mau tidak mau harus terjadi di tangan mereka yang mengontrol negara. Dalam hal tidak memiliki kebebasan dan demokrasi lama bertahan pembentukan ekonomi terpusat.

Inge Dean tampaknya telah menyadari hal ini ketika ia menulis, "Jika orang banyak adalah untuk menjadi sasaran rencana, itu harus militer. Jika individu diizinkan pilihan bebas, rencana itu dilemparkan ke dalam kebingungan Birokrasi,. Bawah penguasa mutlak, atau penguasa, diperlukan Populer persetujuan dapat dijamin hanya dengan sensor ketat dan larangan diskusi bebas.. Spionase merupakan bagian penting dari sistem, dan sejumlah besar terorisme. Sejak pengeluaran swasta harus dikontrol, adalah bijaksana untuk menjaga pribadi pendapatan dekat tingkat subsistensi dan untuk membagikan setiap surplus kenikmatan kolektif seperti liburan gratis Kami tidak akan mengerti tirani totaliter kecuali kita menyadari bahwa itu adalah hasil dari ekonomi terencana.. "

Ini bukan untuk mengatakan bahwa negara tidak memiliki fungsi ekonomi apa pun untuk melakukan. Negara harus membantu untuk menjaga mesin dari pasar dalam rangka kerja. Dasar mesin yang adalah kontrak yang sah menandatangani oleh laki-laki bebas. Hanya negara yang dapat melihat bahwa kontrak ini diberlakukan terhadap orang-orang yang mengabaikan kewajiban mereka. Negara juga harus melihat bahwa mekanisme harga tidak terhalang oleh kartel dan monopoli - meskipun ini adalah sebagian besar fungsi negatif tidak memberikan hak istimewa atau izin di tempat pertama.

Aturan dasar dari semua pemerintahan yang baik adalah untuk menyadari bahwa kekuasaan negara harus benar-benar terbatas. Negara tidak boleh menjadi musuh pasar, itu harus pelindung yang besar. Dengan bantuan beberapa ekonomi, masyarakat sendiri bisa menjadi tuan dari semua produksi dan master pemerintah juga. Hancurkan ekonomi ganda dan mereka akan penguasa tidak.

Sumber :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://freedomkeys.com/economies.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009