Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Selasa, 24 November 2009

Dasar-Dasar Pemprosesan Komputer



Komputer Mainframe awal

Komputer elekronik, seperti yang kita kenal sekarang, dapat ditelusuri ke ENIAC(Electrical Numerical Intregator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W.Mauchly dan J. PreperEckert. ENIAC adalah pendahulu Remington Rand UNIVAC I, yang merupakan komputer otomatis universal pertama yang dipasarkan secara luas. Istilah Mainframe masih digunakan sekarang, untuk menggambarkan komputer besar, berlokasi terpusat yang umumnya dipakai oleh organisasi besar.

Komputer Mainframe Kecil

Para manager dan profesional menginginkan akses ke data berbasis komputer tanpa perantara analisis sistem.Produsen komputer tertentu menyadari kebutuhan ini dan menanggapinya dengan membuat dan memasarkan komputer yangf lebih kecil dan lebih murah daripada mainframe. Hasil dari inovasi ini adalah komputer mini dan komputer mikro.

Perangkat Keras Komputer

Komputer muncul dengan beragam kecepatan pada setiap harga tetapi semuanya memiliki ciri-ciri yang sama. Ciri-ciri yang dimaksud adalah prosesor, memori, penyimpanan dan peralatan input dan output.

Prosesor

Prosesor adalah unit utama tempat pemprosesan dilakukan. Komponen ini juga disebut CPU atau Central Processing Unit. Prosesor yang digunakan dalam komputer mikro disebut microprocessor. Dua karakteristik prosesor berpengaruh langsung pada kemampuan untuk melaksanakan tugas secara tepat. Karakteristik ini adalah kecepatan prosesor dan ukuran kata

MEMORY

Pada dasarnya materi disimpan dalam suatu komputer dalam dua cara –memori dan penyimpanan. Memori disebut main memory, penyimpanan primer(primery storage),atau random access memory (RAM), mengacu pada area penyimpanan data yang sedang diproses dan intruksi program yang sedang dilaksanakan. Penyimpanan (srorage) adalah memori pada suatu alat yang terpisahkan dari sirkuit prosesor, dan juga disebut penyimpanan sekunder(secondary storage)

Jenis-jenis Memori

Jenis

Definisi

RAM

Random Access Memory, jenis memori yang dimaksud oleh sebagian besar orang adalah “memori”.Program komputer dan data dimasukkan ke dalam RAM untuk dilaksanakan oleh prosesor komputer.

ROM

Read-only memory tidak dapat diganti oleh pemakai dan tidak berpengaruh oleh pemadaman daya listrik. ROM menyimpan memori yang digunakan oleh prosesor saat komputer dinyalakan.

DRAM

Dynamic RAM. Memungkinkan buttering data9penyimpanan sementara saat bit-bit sedang bergerak didalam prosesor) saerta meningkatkan efisiensi RAM

SDRAM

Synchronous DRAM, bergerak lebih cepat daripada sebagian besar memori konvensional karena menyelaraskan siklusnya dengan siklus prosesor

SIMM

Singgle in-line memory module yang memegang satu set 9 chip memori untuk pemeriksaan kesalahan.

DIMM

Dual in line memory module, mentransmisikan 64 bit data persiklus.

Penyimpanan

Ada beberapa jenis media penyimpanan untuk komputer dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang membuatnya lebih cocok untuk tugas-tugas tertentu. Media penyimpanan biasanya nerbentuk pita atau disk. Perangkat keras komputer tang membaca dari dan menulis ke medium itu disebut drive. Motor di dalam perangkat keras komputer menggerakan medium sehinnga data dapat dibaca dari dan ditulis ke berbagai lokasi.

Penyimpanan yang dapat dipindahkan dan Kapasitas Penyimpanannya

* Floppy disk 3 ¼ inci menyimpan 1.44 MB data

* Zip disk dapat menyimpan 100 MB atau 250 MB.

* Jaz Disk menyimpan 2 GB data

* CD menyimpan 650 MB

* DVD menyimpan 5 GB sampai 20 GB

Alat-alat input

Komputer tidak banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Banyak komputer awal yang menggunakan lubamg-lubang di kartu dan pita kertas untuk input atau output. Kartu-kartu ini sering macet di dalam unit pembas dan pelubangn dan pita-pita ini sering putus. Alat input ini berfungsi memasukan data ke dalam komputer . Alat-alat input seperti mouse, keyboard, joystick, dan monitor touch screen.

Alat-Alat Output

Alat-alat output adalah alat yang dapat menampilkan hasil input dan pengolahan data pada komputer. Alat-alat output seperti Monitor dan Printer.

Multimedia

Evolusi uatama peralatan input dan output mengarah ke multimedia, atau penggunaannya lebih dari satu medium pada saat bersamaan. Contohnya, informasi dalam bentuk narasi dapat di proyeksikan ke layar monitor disertai gambar ayau video. Pemakai tidak hanya mengetikperintah, mereka menggunakan alat penunjuk mouse tau berbicara ke mikripon untuk memilih icon yang kemudian menyenbabkan komputer menjalankan pesan ke layar.

PERANGKAT LUNAK

Ada dua jenis perangkat lunak, yaitu sistem dan aplikasi.

a. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas tertentu yang diperlukan semua pemakai suatu komputer. Ada 3 jenis perangkat lunak yaitu sistem operasi, program utility dan penterjemah bahasa komputer. Sistem operasi mengelola proses komputer, berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak yang memproses data danperangkat keras. Contoh Sistem operasi UNIX, Windows, dan LINUX. Program Utylity adalah suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemprosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi tertentu. Penerjemah bahasa komputer bahasa pemrograman yang menerjemahkan intruksi programer menjadi intruksi komputer. Contoh COBOL,C,C++,Java, Dan Visual Basic.

b. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi memproses data perusahaan . Ada dua jenis dasar , perangkat lunak jadi dan pesanan. Perangkat lunak jadi diproduksi oleh pemasik dan digunakan oleh pemakai. Untuk menggunakannya para pemakai hanya perlu menginstal perangkat lunak itu diperangkat keras mereka dengan sedikit atau tanpa modifikasi. Peranmgkat lunak aplikasi seperti MYOB dan DecEasy pada program akuntansi. Perangkat lunak aplikasi pesanan adalah aplikasi yang dipesan oleh suatu perusahaan kepada proggramer untuk memyelesaikan tugas yang sesuai dengan kriteria kebutuhan aplikasi perusahaan tersebut.

Daftar Pustaka

Raymond McLeod,Jr .2004.Sistem Informasi Manajemen.Indeks.Jakarta

gambar : http://mgmptik.files.wordpress.com/2008/08/computer-system.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009