Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Minggu, 21 Februari 2010

Bayang-Bayang Ujian Nasional



Ujian Nasional merupakan cara untuk menentukan seorang siswa berhak atau tidak lulus dari suatu jenjang pendidikan yang diselenggarakan oleh sekilah negeri dan swasta. Seorang sisiwa ditentukan nasibnya dalam satu minggu saja selama mereka bersekolah. Ujian Nasional juga adalah sarana untuk mengukur dan meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia. Setiap tahun tingkat kelulusan terus meningkat, hal ini berpengaruh positif dan negative bagi seorang siswa. Pengaruh positifnya adalah siswa dapat terus mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam pendidikan, sedangkan pengaruh negatifnya adalah keadaan psikologis terhadap sisiwa tersebut. Seorang sisiwa dapat depresi atau stress sebelum dan sesudah melakukan Ujian Nasional.

Dalam prakteknya, di dalam penyelenggaraan Ujian Nasional terjadi penyimpangan seperti jawaban yang terjual bebas untuk para siswa yang mampu membeli jawaban tersebut dari beberapa institusi. Bahkan terkadang dari pihak sekolah pun melakukan kecurangan, seperti beberapa tahun lalu pernah terjadi kecurangan yang dilakukan kepala sekolah. Kejadian ini dapat mengurangi kredibilitas seorang siswa, karena siswa yang belajar sungguh-sungguh dapat disamakan hasil akhirnya dengan siswa yang memperoleh jawaban dengan membeli.

Untuk mengurangi praktik-praktik negatif ini diharapkan pemerintah dan sekolah-sekolah dapat bekerja sama agar terciptanya Ujian Nasional yang benar-benar berkompeten. Kesadaran akan kejujuran pada setiap siswa juga harus ditanamkan sejak dini. Bagaimana Indonesia akan menjadi Negara yang bersih dari tindak KKN, apabila generasi mudanya saja sudah melakukan hal yang tidak jujur saat di bangku sekolah.


sumber gambar : http://images.google.co.id/imglanding?q=ujian%20nasional&imgurl=http://satriadharma.files.wordpress.com/2009/12/uan.jpg&imgrefurl=http://satriadharma.wordpress.com/&usg=__y_m07hyMW4ASLI0PKOhiBg2tFbs=&h=285&w=300&sz=35&hl=id&itbs=1&tbnid=-U1kKmm9a52eRM:&tbnh=110&tbnw=116&prev=/images%3Fq%3Dujian%2Bnasional%26hl%3Did%26sa%3DG%26gbv%3D2%26tbs%3Disch:1&sa=G&gbv=2&tbs=isch:1&start=0#tbnid=-U1kKmm9a52eRM&start=4


0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009