Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Rabu, 02 Juni 2010


Angka Kebutaan di Indonesia masih Tertinggi di Asia
Angka Kebutaan di Indonesia masih Tertinggi di Asia

ANTARA/Agus Bebeng/ip

BANDUNG--MI: Akibat belum adanya sistem penanggulangan kesehatan mata nasional (SPKMN), angka kebutaan mata di Indonesia masih di atas 3,67 juta orang. Angka
tersebut merupakan tertinggi di Asia.

Dari jumlah itu, sebanyak 76% disebabkan oleh katarak. Sisanya karena kelainan retina, infeksi, dan glukoma. Tetapi lebih dari 90% kasus kebutaan di Indonesia sebenarnya masih bisa disembuhkan.

"Tingginya angka kebutaan di Indonesia tidak pernah menurun secara signifikan sejak 2000. Karena kesadaran masyarakat untuk memeriksakan mata masih rendah. Padahal sebagian besar kasus kebutaan mata bisa ditanggulangi dan diobati," kata Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Mata Cicendo Hikmat Wangsaatmadja di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/5).

Rendahnya kesadaran, lanjut Hikmat, disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari sikap pemerintah yang kurang menyosialisasikan tentang kesehatan mata.

Wacana SPKMN, kayanya, sebenarnya telah muncul sejak akhir 1990-an. Namun pergantian kepemimpinan sampai sekarang tidak membuat masalah kebutaan diperhatikan secara serius.

Promosi kesehatan mata oleh pemerintah berada di urutan terbawah dari berbagai program penanggulangan penyakit, atau masih kalah bila dibandingkan dengan kanker, flu burung dan babi, demam berdarah, HIV/AIDS, serta tuberculosis. Karena, asumsi yang dipakai, kebutaan tidak mengakibatkan kematian.

"Kebutaan memang tidak membuat seseorang meninggal. Tetapi kebutaan menyebabkan kesejahteraan seseorang dan keluarganya terganggu. Si penderita terkungkung seumur hidup," paparnya.

Ia berharap Kementerian Kesehatan mulai memberikan perhatian serius terhadap masalah kebutaan. Meningkatkan program sosialisasi dan pencegahan dini kepada masyarakat terutama di wilayah berpenduduk miskin. (AX/OL-01)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/26/145206/71/14/Angka-Kebutaan-di-Indonesia-masih-Tertinggi-di-Asia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009