Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 25 Maret 2010

Berbagi Tips Berlibur ke Tibet



Berbagi Tips Berlibur ke Tibet

Potala Palace Tibet -- sxc.hu

SALAH satu kewajiban yang harus diketahui saat berlibur adalah mendapatkan sebuah informasi lengkap tentang daerah yang akan dituju. Jika Anda berminat ke daerah otonomi China, seperti Tibet, sebaiknya memiliki persiapan matang sebelum perjalanan dimulai.

1. Cari tahu sejarah Tibet

Tibet merupakan salah satu provinsi atau daerah otonomi RRC yang beribukota di Lhasa. Sebelumnya Tibet adalah sebuah kerajaan merdeka yang mendapat benturan politik dari kerajaan Cina yang pada saat itu berkuasa.

Meski kerusuhan terjadi di tahun 2008, namun Tibet sudah dinyatakan aman dari para demonstran.

2. Membawa dokumen penting

Bagi wisatawan asing yang ingin ke Tibet harus memiliki izin perjalanan, seperti paspor dan visa negara China yang berlaku. Pembuatan visa bisa dilakukan di kedutaan besar China di negara Anda.

Agar proses pembuatan visa lancar, sebaiknya Anda mempersiapkan kelengkapan data seperti 3 lembar foto berwarna dan terbaru serta paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan. Setelah itu, isilah nama lengkap, nama kantor dan alamat lengkap pada formulir yang sudah disediakan oleh petugas kedutaan.

Jika Anda merupakan pelancong yang memiliki perjanjian pembebasan visa dengan Hong Kong, maka tidak memerlukan visa ke Tibet.

Meski info mengenai wartawan dan diplomat asing belum dijelaskan secara detail, namun mereka tidak diperbolehkan untuk pergi ke Tibet sebagai turis.

Adapun kantor administrasi Biro Perjalanan Tibet di Beijing, Shanghai, Chengdu (Sichuan) dan Golmud (Qinghai).

3. Larangan untuk wisatawan

Meskipun Anda warga keturunan China atau warga Taiwan, belum tentu diizinkan masuk ke wilayah Tibet. Mereka semua (wisatawan) yang boleh masuk diharuskan memegang paspor dan kartu identitas yang sah dari pemerintah China.

Jika Anda berminat untuk berwisata ke Tibet, sebaiknya mengisi form aplikasi yang sudah tersedia di agen perjalanan terdekat dan dikeluarkan secara gratis oleh Biro Pariwisata Tibet Cina.

Tibet adalah daerah otonomi RRC yang berbatasan dengan Nepal, Bhutan, India serta Xinjiang, Qinghai dan Sichuan di China. (*/OL-08)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/03/25/492/3/Berbagi-Tips-Berlibur-ke-Tibet

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009