Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Senin, 29 Maret 2010

Obat Hipertensi Efektif untuk Kanker Payudara


Obat Hipertensi Efektif untuk Kanker Payudara

indoorcycleinstructor.com

OBAT penurun tekanan darah yang dikenal dengan beta blocker, menurut temuan peneliti juga bermanfaat membantu mengurangi penyebaran kanker payudara.

Obat ini diyakini bekerja mencegah hormon stres menstimulasi sel-sel kanker."Obat-obat beta blocker bersaing dengan hormon stres dan terikat kepada reseptor target yang sama. Tapi berbeda dengan hormon stres, beta blocker tidak mengaktifkan sel-sel kanker," terang peneliti Dr. Des Powe dari Queen's Medical Centre, Nottingham University Hospital NHS Trust, di Nottingham, Inggris.

Powe dan teman-temannya dari Inggris dan Jerman mengevaluasi 466 pasien kanker. Sebanyak 92 pasien telah menerima obat-obatan penurun tekanan darah. Dan 43 dari 92 pasien tersebut menggunaan beta blocker bersamaan dengan waktu diagnosis kanker payudara mereka.

Hasil menunjukkan, mereka yang menggunakan beta blocker mengalami penurunan pembentukan kanker dan penurunan pembentukan kaner kembali di area yang sama. Dibandingkan dengan partisipan yang menggunakan jenis obat hipertensi lain atau partisipan yang tidak menggunakan obat penurun tekanan darah, mereka berisiko 71 persen lebih rendah meninggal akibat kanker payudara. Selain itu, pengguna beta blocker juga berisiko 57 persen lebih rendah menderita kanker kembali.

"Studi ini berlaku surut, menggunakan data pasien yang telah menerima pengobatan di akhir tahun 1980-an dan 1990-an," terang Powe, seperti dikutip situs healthday.com, Sabtu (27/3).

Para ilmuwan lain menyebutkan bahwa temuan ini menarik, tapi masih termasuk studi pendahuluan."Konsep mengontrol pertumbuhan tumor dengan mencegah stres atau respon peradangan bukanlah hal baru," terang Dr. Cathie Chung, seorang onkolog medis dari City of Hope National Medical Center di Duarte, California .

Sebagai contoh, lanjut Chung, studi lain telah menemukan bahwa perempuan dengan kanker payudara yang mengonsumsi aspirin (merupakan antiperadangan) secara teratur, mengalami penurunan risiko kekambuhan kanker kembali."Studi ini menarik, tapi belum bisa disimpulkan," terang Chung. (IK/OL-08)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/03/30/2330/9/Obat-Hipertensi-Efektif-untuk-Kanker-Payudara

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009