Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 13 Mei 2010

Lima Jenis Bakteri Membahayakan


Kadiskes Garut, dr H. Hendy Budiman mengingatkan, di antara bakteri yang menyebabkan keracunan makanan pada manusia, dikenal lima jenis yang sering menimbulkan keracunan makanan, atau karena efeknya mematikan.

"Kelima jenis bakteri tersebut, terdiri Salmonelia, Shigelia, Staphylococcus, Closstridium welchii serta Clostridium botulinum," ungkap Hendy Budiman saat ditemui, kemarin, menyikapi seringnya warga Garut mengalami keracunan makanan bahkan kerap berlangsung kejadian luar biasa (KLB).

Dia mengemukakan, bakteri Staphylococus aureus, mikroorganisme yang hidup sebagai parasit pada bagian tubuh manusia dan hewan, separuh dari jenis bakteri ini memproduksi enterotoksin yang menyebabkan keracunan pada manusia.

Jika kuman ini masuk ke makanan, yang cocok dengan suhu dan kelembaban, maka akan berkembang biak di dalam makanan itu sambil memproduksi enterotoksin, penularan ke makanan dapat dihantarkan oleh lalat, Toksin Staphylococcus aureus tahan terhadap suhu didih dan menimbulkan keracunan makanan jika jumlahnya sudah cukup.

Bakteri yang menghasilkan toksin tersebut, dapat menimbulkan mual, muntah, sakit perut dan diare dengan masa inkubasi 1 - 8 jam, gejala ini terjadi pada 169 warga desa Karangsari dan Situsari di kecamatan Karangpawitan Garut, akibat keracunan dari gulai daging kambing.

Sedangkan jamur/ragi, dapat memproduksi mycotoxin sejenis zat kimia beracun, yang kebanyakan perusak makanan (bentuk, warna, bau) serta menyukai makanan yang banyak mengandung gula dan tepung (makanan asam dan kering).

Bahkan di antara Mycotoxin, ada yang menimbulkan kanker pada manusia dan dalam jumlah yang banyak, racun ini menimbulkan pendarahan serta kerusakan akut pada hati yang bisa menyebabkan kematian, katanya.

Antisipasinya, hendaknya masyarakat setiap hari bisa berpola hidup bersih dan sehat, agar peristiwa keracunan makanan dan gangguan kesehatan lainnya, tidak terjadi lagi, imbuh Hendy Budiman. (Ant/ip/OL-07)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/13/142515/71/14/Lima-Jenis-Bakteri-Membahayakan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009