Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Senin, 24 Mei 2010

Obat Kolesterol Picu Masalah Hati, Ginjal dan Mata



Obat Kolesterol Picu Masalah Hati Ginjal dan Mata

sheknows.com

ORANG-orang yang menggunakan obat penurun kolesterol statin, menurut temuan peneliti dari Inggris, berisiko lebih besar mengalami disfungsi hati, gagal ginjal akut dan katarak.

Statin, yang meliputi obat blockbuster seperti Lipitor, Pravachol, Crestor dan Zocor, dianjurkan untuk pasien-pasien dengan kolesterol tinggi. Studi-studi telah menunjukkan bahwa obat-obatan ini efektif mengurangi risiko penyakit dan serangan jantung.

Meskipun obat ini telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan otot, studi terbaru dengan dua juta pasien ini menemukan risiko potensial lainnya."Statin mempunyai efek merugikan, seperti myopathy (masalah otot), gagal ginjal akut, disfungsi hati dan katarak. Selain itu, dua dari gangguan ini mempunyai efek dosis-respon," tutur pemimpin studi Dr. Julia Hippisley-Cox dari University of Nottingham, seperti dikutip situs healthday.com.

Dari sisi positifnya, studi ini tidak menemukan hubungan antara penggunaan statin dengan risiko berbagai jenis kanker (termasuk kanker perut, usus besar, paru-paru, ginjal, payudara dan kanker prostat). Selain itu, penggunaan statin juga tidak berhubungan dengan penyakit parkinson, radang sendi, pengentalan darah, kepikunan dan patah tulang.

Tetap aman
Para pakar menyatakan, penggunaan statin sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Dan temuan baru yang dipublikasikan di BMJ, Jumat (21/5) ini, diharapkan tidak membuat pasien berpaling dari statins.

Untuk studi ini, Hippisley-Cox dan temannya Carol Coupland, mengumpulkan data dari lebih dua juta orang, termasuk 226.000 pasien yang masih baru menggunakan statin. Peneliti melihat efek negatif dari Januari 2002 hingga Juni 2008.

Seperti ditemukan studi sebelumnya, penggunaan statin dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan otot. Peneliti menemukan bahwa risiko gagal ginjal akut dan disfungsi hati juga meningkat seiring dengan peningkatan dosis statin yang digunakan.

Akan tetapi, pil populer ini juga mempunyai manfaat. Peneliti menemukan, setiap 10.000 perempuan berisiko yang ditangani dengan statin, terjadi penurunan kasus penyakit jantung sebanyak 271. Selain itu, kasus kanker kerongkongan juga turut berkurang.

Meskipun begitu, di antara 10.000 perempuan tersebut, penggunaan statin berkaitan dengan peningkatan kejadian disfungsi hati sebanyak 74, gagal ginjal akut sebanyak 23, katarak sebanyak 307 dan gangguan otot sebanyak 39. Temuan ini juga berlaku di antara pasien laki-laki, bedanya, angka kejadian gangguan otot lebih besar lagi.

Masalah ini, menurut temuan peneliti, sama pada semua jenis statin, kecuali Lescol. Jenis statin satu ini terlihat mendongkrak risiko gangguan jantung lebih tinggi dibandingkan obat-obatan statin lainnya.

Risiko efek merugikan ini, terang peneliti, akan bertahan selama obat tersebut tetap digunakan."Tapi efeknya paling tinggi selama tahun pertama penggunaan obat."

Dr Alawi A. Alsheikh-Ali, seorang konsultan ahli jantung dari Institute of Cardiac Sciences di Sheikh Khalifa Medical City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, menyatakan bahwa temuan ini cukup meyakinkan.

Efek samping pada otot dan hati, terang dia, bisa diperbaiki. Selain itu, statin tidak berkaitan dengan kanker."Saat efek samping otot dan hati seimbang dengan serangan jantung dan stroke, yang bisa dicegah dengan statin, orang-orang yang berisko mengalami serangan jantung dan stroke sebaiknya tetap menggunakan statin seperti dianjurkan dalam panduan profesional sekarang ini," terang Alsheikh-Ali.

Studi ini, terang dia, menekankan bahwa statin pada umumnya aman. Tapi sama seperti obat lainnya, statin juga tidak bebas dari efek samping."Analisis ini sebaiknya tidak digunakan untuk menakut-nakuti pengguna statin atau mencegah orang-orang yang berisiko mengalami serangan jantung dan stroke mendapatkan manfaat penggunaan statin." (IK/OL-08)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/05/21/2601/9/Obat-Kolesterol-Picu-Masalah-Hati-Ginjal-dan-Mata

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009