Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 13 Mei 2010

Peternak Subang Manfaatkan Biogas


Kementerian Lingkungan Hidup bersama Danone dan Bank Syariah Mandiri melakukan kerja sama dalam program pengembangan biogas. Program ini sebagai bagian dari upaya pemberdayaan komunitas peternak di Desa Cicadas, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Pengembangan biogas di Subang dimaksudkan untuk membantu peningkatan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan bahan bakar alternatif seiring dengan tujuan pelestarian lingkungan hidup," ujar Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta seusai menandatangani akad kredit antara Bank Syariah Mandiri dan peternak dalam pengadaan 200 unit biogas di wilayah Jawa Barat di Desa Cicadas, Kecamatan Segala herang, Kabupaten Subang, Rabu (12/5).

Sementara itu Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone Aqua) Bernard Ducros mengungkapkan pengembangan biogas ini sangat menarik. Pihaknya merasa sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, kelompok peternak, koperasi susu, Bank Syariah Mandiri, PT Cipta Tani Lestari, Yayasan Mitra Masyarakat untuk melaksanakan program ini.

"Hal ini kami lakukan sejalan dengan komitmen kelompok usaha Danone di Indonesia untuk mengambil bagian dalam kegiatan pelestarian linkungan dan pengelolaan sumber air yang menjadi tanggung jawab kita bersama," tuturnya.

Kehadiran 202 unit biogas di Subang dan Bandung Barat memiliki tiga manfaat. Pertama mengurangi penggunaan kayu bakar guna mengurangi penebangan pohon. Kedua, menjaga kualitas udara karena berkurangnya asap. Ketiga, terjaganya kualitas air sungai dan kebersihan kandang ternak.

Adapun Bank Syariah Mandiri berkontribusi dalam penyediaan dana untuk mendapatkan perangkat penghasil biogas, biodigester, seharga Rp2,7 juta per unitnya. Direktur BSM Hanawijaya mengungkapkan pihaknya sangat bangga dapat ikut berpartisipasi dalam program ini.

Menjaga lingkungan, jelasnya, merupakan perwujudan dari pelaksanaan nilai syariah universal yang menjadi salah satu visi BSM. (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/12/142373/92/14/Peternak-Subang-Manfaatkan-Biogas

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009