Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Rabu, 21 April 2010

Awas, Remaja Peminum Alkohol Berisiko Kanker


New York, Minggu

Jika Anda termasuk seorang remaja wanita yang gemar meminum-minuman keras, sebaiknya segera hentikan kebiasaan Anda. Pasalnya, wanita yang sering mengonsumsi minuman beralkohol sejak remaja, ternyata berisiko terkena kanker payudara di kemudian hari.

Demikian dilaporkan USA Today mengutip penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatri.

Penelitian yang melibatkan 6.899 wanita dengan usia 9-15 tahun ini menemukan, wanita yang sering mengonsumsi minuman beralkohol di masa mudanya berisiko terkena penyakit payudara jinak hingga lima kali lipat, dibanding dengan wanita yang tidak pernah "minum" atau minum kurang dari sekali seminggu.

Catherine Berkey, seorang biostatistik dari Sekolah Medis Harvard di Boston mengatakan, risiko penyakit payudara jinak meningkat seiring dengan frekuensi konsumsi alkohol. Sementara penyakit payudara jinak selama ini diketahui dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Masa-masa remaja merupakan saat-saat kritis yang berpotensi memproduksi risiko kanker. Hal ini disebabkan kelenjar susu yang tengah mengalami pertumbuhan pesat selama periode tersebut. (Xinhua/Liputan6)

Sumber : http://www.wartakota.co.id/detil/berita/24038/Awas-Remaja-Peminum-Alkohol-Berisiko-Kanker

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009