Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Rabu, 14 April 2010

Handuk Bisa Mencegah BB


Anda mempunyai masalah bau badan? Euuh..jangan sampai deh. Iya, siapa juga yang mau berbadan dan bermulut bau. Karena itu kenali hal-hal yang bisa membuat badan Anda mengeluarkan bau tak sedap itu dan cara menanggulanginya.

1. Handukan asal-asalan
Kelihatannya sepele, namun handukan yang asal-asalan sehabis mandi bisa menimbulkan bau badan (BB). Menurut dr Marina Peredo, seorang dokter spesialis kulit yang berpraktik di Smithtown, New York, tubuh manusia memiliki banyak lipatan-lipatan yang kadang luput dikeringkan sehabis mandi. Misalnya ketiak, bagian bawah payudara, di sekitar kemaluan, dan di sela-sela jari kaki.
Bagian-bagian yang terlipat itu dan lembab disenangi oleh bakteri dan jamur untuk tempat berkembang biak. Saat tubuh berkeringat, perpaduan bakteri, jamur, dan keringat akan menciptakan bau tak sedap yang kemudian disebut BB.
Jadi, mengeringkan badan harus dilakukan lebih teliti dan menyeluruh. Peredo bahkan mengusulkan menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan bagian- bagian lipatan tersebut. Tentu saja alat pengering rambut itu harus diatur untuk mengeluarkan angin dingin. Cara lain yang diusulkan adalah menaburkan bedak antijamur ke area lipatan tersebut.

2. Sikat lidah
Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup untuk menghalau napas tak sedap. Soalnya, sisa-sisa mekanan sering terperangkap di lidah, karena pada indera perasa kita itu terdapat organ seperti rambut kecil yang disebut papillae. Saat dilihat dengan kaca pembesar, pada lidah kita itu terdapat bukit dan lembah. Di lembah itu sisa-sisa makanan sering terselip. Sisa makanan itu lalu membusuk dan mengeluarkan gas hidrogen sulfida yang lebih dikenal sebagai bau mulut.
Cara menanggulanginya sederhana, sikat juga lidah saat menggosok gigi. Saat ini sudah banyak dijual alat pembersih lidah. Sikat gigi bersikat lebut juga bisa digunakan.

3. Jangan ngorok
Saat mengorok mulut manusia terbuka, dan hal itu membuat rongga mulut kering sehingga mendorongsel-sel di mulut mati lebih cepat, dan membusuk di lidah dan gusi. Kita menyebutnya sebagai jigong yang membuat napas tidak sedap pada pagi hari.
Cara mencegah jigong berlebihan tentu saja adalah tidur dengan mulut tertutup alias tidak mengorok. Sayangnya mengorok itu bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kelelahan sampai gangguang di organ pernapasan.
Hubungi dokter bila ngorok Anda parah. Tujuan utamanya bukan untuk menghilangkan jigong, tapi karena mengorok itu juga bisa membawa kematian karena lupa bernapas (sleep apnea).

4. Obat-obatan
Beberapa jenis obat mempunyai efek samping menghentikan kerja acetylcholine, yakni kimia dalam otak yang memerintahkan agar kelenjar ludah bekerja. Akibatnya rongga mulut menjadi kering. Padahal mulut yang kering membuat sel mati lebih cepat dan membusuk. Makanya bau mulut sering dijumpai pada orang- orang yang sedang mengonsumsi obat dalam waktu lama.
Cara mengatasinya tentu bukan tidak minum obat itu, tapi bernapas lewat hidung bukan lewat mulut. Tujuannya agar rongga mulut tidak bertambah kering. Mengurangi kopi juga bisa membantu mengurangi kekeringan rongga mulut.

5. Masa subur
Saat seorang perempuan dalam masa subur, temperatur tubuhnya meningkat tanpa disadari oleh perempuan tersebut. Akibatnya keringat pun mengucur lebih banyak dari biasanya. Produksi cairan di bagian kemaluan pun juga meningkat. Keringat dan cairan yang bercampur bakteri menimbulkan bau tak sedap dan iritasi.
Cara mengatasinya cukup mudah, yakni menggunakan deodoran dengan antiperspirant yang lebih kuat selama masa subur (14 hari setelah hari pertama haid) berlangsung. Sementara untuk masalah di bagian bawah, gunakan celana dalam katun saat berada pada masa subur .

Tidak terlalu sulit kan mengatasinya? Silakan mencoba! (Prevention/ink)


Sumber : http://www.wartakota.co.id/detil/berita/9046/Handuk-Bisa-Mencegah-BB

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009