Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Kamis, 15 April 2010

Dampak Negatif Rokok Bertambah


Washington, Selasa

Sudah banyak orang yang tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan. Sudah banyak juga orang yang tahu, menghisap asap rokok meskipun tidak merokok, alias perokok pasif, lebih berbahaya. Dan kini ditemukan bahwa sisa-sisa nikotin yang melekat di permukaan benda-benda juga berbahaya pada kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan Lawrence Berkeley National Laboratory, lalu dipublikasi di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menyebutkan bahwa saat sebatang rokok dibakar di dalam sebuah ruangan, nikotin yang keluar dalam bentuk asap akan melekat pada permukaan benda-benda di dalam ruangan tersebut. Sialnya, sisa-sisa nikotin itu bisa betahan sampai berbulan-bulan, sehingga tanpa disadari orang lain, termasuk anak kecil, dalam ruangan itu yang sebenarnya tidak merokok bisa terpapar nikotin juga. Orang-orang ini kemudian disebut para peneliti itu sebagai third hand smoker.

"Penelitian kami menunjukkan, saat sisa nikotin bereaksi dengan senyawa asam nitrogen (nitrous acid) di udara, terbentuklah nitrosamin (senyawa kimia yang merugikan) dari tembakau atau disebut TSNAs, yang bersifat karsinogen (menimbulkan kanker)," kata Hugo Destaillats, yang membantu penulisan laporan penelitian itu.

Selama ini, imbuh Destaillats, TSNAs dikenal sebagai karsinogen yang terdapat pada rokok yang belum dibakar maupun pada asap rokok.

Nah, kaitannya dengan third hand smoker ini, TSNAs pada kursi, meja, atau karpet dapat terhirup atau masuk ke tubuh karena melekat pada debu, sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak.

"Merokok di luar ruangan lebih baik daripada merokok di dalam ruangan. Tapi sisa nikotin akan melekat pada pakaian dan kulit si perokok, dan kemudian menyebar ke dalam ruangan saat si perokok masuk ruangan," kata Lara Gundel, juga penulis hasil penelitian tersebut.

Kemungkinan pembentukan TSNAs semakin besar jika merokok dilakukan di dalam kendaraan, karena gas buang kendaaan mengandung asam nitogen.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya TSNAs? Mungkin mencegah sebuah ruangan tidak mengandung asam nitrogen adalah tindakan yang sulit dilakukan. Karena itu lakukan saja tindakan yang mudah dan murah, yakni berhenti merokok. (AFP/ink)

Sumber : www.wartakota.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009