Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Jumat, 09 April 2010

Masalah Kesehatan di Kota Besar


1. Fenomena urbanisasi berdampak pada kesehatan.
Lonjakan urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang cepat menimbulkan berbagai masalah, seperti kepadatan lalu lintas, pencemaran udara, perumahan yang kurang sehat, tindak kriminal, dan penggunaan obat terlarang.

2. Polusi tiap tahun bertambah.
Menurut data Badan Pusat Statistik pada 2004, di Indonesia jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya bertambah 12%. Peningkatan itu tentunya disertai dengan bertambahnya zat-zat pencemar berbahaya yang tiap hari terpaksa dihirup oleh warga, seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan oksida nitrogen (NOx).

3. Masalah ketersediaan air minum dan sanitasi.
Lebih dari 100 juta rakyat di Tanah Air misalnya masih kesulitan akses air minum yang aman. Sementara, lebih dari 70% dari 220 juta penduduk Indonesia masih tergantung pada sumber air yang terkontaminasi.

4. Akibat perubahan gaya hidup.
Seperti kurang olahraga, makan makanan tidak bergizi, dan merokok telah menjadikan penyakit degeneratif semakin banyak menyasar masyarakat perkotaan. Ironisnya, penyebaranpenyakit menular klasik seperti tuberkulosis (TB), diare, dan demam berdarah masih belum bisa dituntaskan penyebarannya.

5. Penyakit tidak menular tidak hanya saja telah menjadi masalah.
Kesehatan masyarakat di negara berkembang tetapi juga di negara sedang berkembang. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya umur harapan hidup, telah dapat diatasinya beberapa jenis penyakit.(rendra hanggara)


Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/316321/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009