Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Rabu, 14 April 2010

Segudang Manfaat Labu Kuning



Labu kuning ternyata mempunyai manfaat lebih dari sekadar untuk hiasan Halloween. Mulai dari mencegah penuaan dini sampai mencegah kanker. Hebat kan?

Apa sih rahasia labu kuning sampai sehebat itu? Ah, bukan rahasia kok, karena terlihat dari warnanya saja, kuning kejingga-an, sudah bisa diduga bahwa buah ini mengandung beta-carotene. Dan sudah banyak orang tahu bahwa beta-carotene adalah sumber antioksidan, yang mampu mencegah penuaan dini dan kanker.

Selain beta-carotene, pada labu kuning juga terdapat vitamin A, vitamin C, dan Alpha -hydrox-acid, yang bagus untuk kulit. Bertambah deh manfaatnya untuk mencegah penuaan dini.

Labu kuning juga mengandung cukup banyak potassium. Mineral ini disebut-sebut mampu menurunkan risiko terkena hipertensi.

Mineral jagoan lainnya yang terdapat dalam labu kuning adalah zinc, yang mampu meningkatkan system imun (pertahanan) tubuh. Belum lagi kemampuannya menurunkan risiko osteoporosis, karena zinc berperan dalam mendukung kepadatan tulang.

Kandungan serat di labu kuning juga cukup tinggi, sehingga sangat berguna dalam kesehatan pencernaan. Selain itu serat, menurut hasil penelitian, juga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Selain dagingnya, biji labu kuning juga mempunyai manfaat, yakni meringankan gejala arthritis, karena di dalamnya terkandung zat anti-peradangan.

Wuih, banyak juga ya manfaatnya. Tak mengherankan jika Cinderella memilih kereta dari buah ini. Tapi dimasak jadi apa ya labu kuning? Yang paling mudah sih jadi sop labu ala barat. Daging labu kuning dihaluskan lalu dimasukkan ke kuah sop sehingga menjadi sop kental yang enak disantap pada malam hari sebagai pengganti makan malam.

Daging labu kuning juga sudah dimanfaatkan sebagai pelengkap dalam penganan bubur Manado. Campuran bubur, sayuran, labu kuning, dan ikan membuat penganan ini sangat lengkap dan sehat.

Mau yang lebih gaya, santap labu kuning dalam bentuk pie. Uah ini juga bisa diolah menjadi roti.

Biji labu kuning bisa dipanggang, dan disantap sebagai kuaci. Bisa juga biji tersebut dicampur dengan sereal atau bubur gandum sebagai teman makan pagi.

Tak terlalu sulit kan? Atau bahkan Anda bisa berkreasi mengembangkan penganan lain dari labu kuning? (yahoo/ink)
Sumber : http://www.wartakota.co.id/detil/berita/15592/Segudang-Manfaat-Labu-Kuning

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009