Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Jumat, 09 April 2010

Kelebihan Perempuan dalam Membangun Karier


PAMEOlama mengatakan, perempuan tidak bisa sesukses pria karena mereka tak bisa bertindak seperti pria. Tapi bukankah ini berarti perempuan bisa mencoba jalan lain yang tidak bisa dilakukan para pria?


Jangan langsung berpikir bahwa perempuan harus menggunakan cara-cara ilegal untuk memenangkan persaingan bisnis.Namun seperti dikatakan oleh penulis The Female Brand: Using the Female Mindset to Succeed in Business,Catherine Kaputa, menggunakan cara-cara yang dilakukan pria sama saja menghilangkan sisi keperempuanan pada dirinya. ”Kami bukan laki-laki dan itu adalah sebuah keuntungan,”tegas Catherine, seperti dikutip dari aol.com Daripada berlaku seperti pria, Catherine menyarankan kaum perempuan untuk melakukan cara mereka sendiri.

Sebuah langkah yang autentik, cerdas, dan sesuai dengan kepribadian masing-masing perempuan,termasuk kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya. Menurut Catherine, ada 9 cara yang menjadi kekuatan atau kelebihan kaum perempuan dan layak diasah dan dimanfaatkan untuk meningkatkan karier atau memperluas bisnis.

Rasa empati

Kaum perempuan dikenal punya rasa empati yang tinggi pada sesama. Maka cobalah untuk berempati, mengerti, dan memahami perasaan orang lain. Setiap orang yang Anda ajak bicara akan mengerti, bahkan ketika Anda mengabarkan berita buruk kepada mereka. Dengan kemampuan berempati ini,Anda bisa membuat kesepakatan bisnis yang baik demi kepentingan bersama.

Tampilan yang menarik

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang atraktif menghasilkan lebih banyak uang, dipandang sebagai orang yang pandai,lebih produktif, dan baik. Karena perempuan dianugerahi kemampuan untuk bereksplorasi dengan penampilannya, maka manfaatkan anugerah tersebut. Caranya, jangan berpenampilan dengan pakaian pria yang terlalu maskulin. Ini akan membuat Anda seperti pebisnis perempuan dari abad 20.Catherine menyarankan agar berdandan seperti perempuan Jerman, yaitu berdandan layaknya perempuan dengan menonjolkan kelebihan yang Anda punya. Jika tubuh Anda tak seperti tubuh model, coba beri sentuhan yang menarik pada rambut atau pakaian yang Anda kenakan. Intinya, percantik penampilan Anda dengan warna baju dan aksesori tertentu. Latih juga postur tubuh saat berdiri, duduk, dan berjalan, agar terlihat lebih elegan.

Pandai Membangun Pertemanan

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa perempuan sangat ahli dalam menjalin pertemanan dan menjaganya dalam hubungan yang baik.Karena itu,manfaatkan kelebihan ini dengan membangun networkingdemi kesuksesan bisnis. Semakin besar jaringan atau networking yang Anda bangun, semakin besar modal Anda untuk peningkatan karier dan bisnis. Jadi, jangan hanya memanfaatkan kekuasaan untuk membuat jaringan, tapi juga kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan berbagai jenis orang dengan berbagai kepribadian.

Berbicara dengan gaya yang menarik

Kaum perempuan sering mengalahkan skor pria dalam oral dan written test karena perempuan menggunakan otak kanan dan kirinya sekaligus untuk memproses pesan verbal maupun pesan yang mengandung unsur emosional.Karena itu, gunakan keahlian verbal Anda untuk berbicara.Lemparkan pertanyaan yang bagus dan dengarkan dengan aktif. Ceritakan dengan gaya yang menarik bagaimana kesuksesan Anda dalam dunia bisnis.

Membaca pesan tersirat

Penelitian terhadap otak manusia memperlihatkan bahwa perempuan lebih baik dalam menangkap pesan-pesan tersirat yang berhubungan dengan kondisi emosional dibanding pria. Kaum perempuan diyakini mampu menangkap pesan dibalik bahasa tubuh dan pesan tersirat tentang rasa sedih, frustrasi,dan kecewa. Dengan kemampuan yang sudah terbukti secara ilmiah ini, maka cobalah untuk menangkap pesan tersembunyi yang disampaikan seseorang saat rapat. Jika Anda merasakan bahwa dia tidak nyaman dengan sebuah hasil kerja, bertindaklah sesuai intuisi Anda, misalnya dengan menelepon dan menanyakan permasalahan yang mengganjal di hatinya.

Mengorganisir orang

Penelitian juga menunjukkan bahwa perempuan cocok bekerja di dalam tim dan mampu mengakomodasi dan memotivasi anggota tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam bekerja. Jadi, daripada menggunakan kekuasaan untuk mengatur orang, lebih baik gunakan kemampuan mengorganisir untuk memunculkan semua potensi rekan kerja demi mencapai tujuan bersama. Coba kumpulkan orang-orang yang Anda percayai untuk membantu mengorganisir, termasuk juga pekerja pria. Minta nasihat kepada mereka dan beri mereka pujian jika memberi kontribusi pada hasil kerja.

Melihat secara holistik

Saat mencari sebuah solusi, kaum perempuan terbiasa melihat segala hal dari segala sudut pandang. Ini berbeda dengan pria yang lebih melihat suatu hal secara linear. Gunakan kelebihan ini untuk melihat potensi dan risiko yang tersembunyi, juga untuk menciptakan kreativitas dan inovasi dalam bisnis.

Pribadi yang menyenangkan

Perempuan diciptakan dengan kemampuan tinggi untuk bersahabat, berkasih sayang, dan berempati. Karena itulah,perempuan menjadi makhluk dengan kepribadian yang menyenangkan. Selain itu, kepribadian yang menyenangkan juga menjadi salah satu faktor meraih sukses di dunia kerja dan bisnis. Karena itu, tersenyumlah dan berpikir positif. Jangan terlalu kaku terhadap rekan kerja, atasan, atau bawahan. Dengan kepribadian yang luwes,Anda justru bisa meraih simpati dan jadi pribadi yang berpengaruh bagi rekan kerja yang lain.

Ciptakan image pribadi

Gunakan kesembilan kekuatan tersebut untuk menciptakan image yang positif tentang diri Anda. Gunakan image tersebut untuk meningkatkan karier dan bisnis Anda. (herita endriana)

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/316086/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Be The Best Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009